Sukses

Parenting

8 Tips Mudik Pakai Transportasi Umum Tetap Nyaman selama Menyusui

Fimela.com, Jakarta Mudik perjalanan menjadi salah satu momen yang ditunggu banyak orang Indonesia yang merantau karena setelah dua tahun, mereka bisa kembali ke kampung halaman untuk bertemu sanak saudara. Mudik akan mudah dilakukan jika kamu sendirian saja. Tapi bagaimana jika harus membawa si kecil dan masih dalam kondisi menyusui? Ini sekian tips mudik tetap nyaman selama menyusui.

1. Kesehatan prima

Sebelum melakukan mudik perjalanan jauh, pastikan kondisi kesehatan sedang prima. Bukan hanya berisiko membuat tubuh kelelahan selama perjalanan, perjalanan mudik yang jauh juga akan memberikan banyak ketidaknyamanan bagi ibu menyusui karena juga harus banyak mengurus bayi.

2. Pilih kursi dekat jendela

Jika menggunakan transportasi umum, pastikan sudah membeli tiket jauh-jauh hari dan pilih tempat duduk di dekat jendela agar lebih nyaman karena jauh dari orang lain. Sedangkan suami atau keluarga bisa duduk di samping Moms di dekat jalan. Jika mengendarai kereta api, akan lebih nyaman jika memilih kereta eksekutif atau kursi yang tidak saling berhadapan namun memiliki ruang cukup untuk kaki agar bisa diregangkan.

3. Pakai pakaian nyaman dan nursing pad

Pakailah baju yang nyaman, busui friendly dan pastinya tidak gerah karena ibu menyusui rentan kepanasan. Pakai juga nipple pad atau nursing pad untuk ibu menyusui karena kebanyakan ibu menyusui akan sering mengalami ASI rembes dari payudaranya jika tidak segera menyusukan ASI yang penuh di dalam payudara. Sedangkan selama perjalanan, Moms mungkin tidak bisa selalu menyusukan ASI karena berbagai alasan. Jadi agar ASI tidak membuat baju basah, selalu pakai dan bawa nursing pad.

4. Sudah memompa ASI dari rumah

Jika Moms merasa tidak nyaman menyusui di dalam kendaraan atau tempat umum, maka sediakan ASI yang sudah dipompa dari rumah. Simpan di freezer segera setelah dipompa dan bawa dalam iced box untuk menyimpan beberapa botol ASI sehingga Moms tidak repot harus lepas pakai baju jika si kecil haus.

5. Bawa semua keperluan si kecil

Dalam perjalanan, Moms bukan hanya harus menjaga kebugaran tubuh diri sendiri tapi juga si kecil. Pastikan bayi dalam keadaan tidur selama perjalanan sehingga Moms bisa ikut istirahat. Pastikan juga sudah mengganti popok dan membuatnya nyaman di dalam gendongan. Jika bayi tidak rewel maka perjalanan mudik akan terasa lebih nyaman.

6. Selalu bawa tisu kering dan basah

Kamu akan merasakan betapa pentingnya tisu basah dan tisu kering saat menyusui karena dalam perjalanan tidak mungkin bisa selalu membasuh tangan dengan air bersih dan mengelap mulut si kecil dengan air hangat. Jadi pastikan memiliki persediaan tisu basah dan kering yang cukup selama mudik.

7. Bawa plastik kosong untuk berjaga-jaga

Terkadang ada saja kejadian yang tidak diinginkan atau terjadi secara alami terhadap Moms dan si kecil. Misalnya bayi gumoh atau muntah karena mabuk perjalanan, atau bayi perlu mengganti popok dan ada banyak tisu basah dan kering yang jadi sampah. Moms tidak mungkin membuangnya begitu saja di dalam kendaraan umum, jadi pastikan membawa banyak kantong plastik untuk mengemas sendiri sampah tersebut.

8. Bawa makanan dan minuman yang cukup

Bawalah makanan atau camilan untuk dimakan selama dalam perjalanan. Karena bagaimana pun menyusui anak membuatmu mudah lapar, lelah dan dehidrasi. Pastikan cukup makan dan minum selama mudik.

Itu sekian tips mudik perjalanan agar tetap nyaman selama menyusui.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading