Sukses

Parenting

4 Tips Mencegah Anak Rewel Saat Perjalanan Mudik Lebaran

Fimela.com, Jakarta Selamat Hari Raya Idul Fitri, Minal Aidzin Wal Faidzin. Apakah sahabat fimela termasuk salah satu tim mudik di lebaran tahun ini? Perjalanan mudik bisa menjadi perjalanan yang menyenangkan. Tapi juga bisa menjadi perjalanan yang cukup melelahkan dan menguras emosi apalagi kita mudik bersama buah hati yang rentan rewel karena kelelahan selama melakukan perjalanan. 

Agar anak tidak rewel saat mudik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut beberapa tips untuk mencegah anak rewel saat melakukan perjalanan mudik.

1. Pastikan Anak Merasa Nyaman

Pastikan agar anak merasa nyaman saat melakukan perjalanan mudik. Nyaman bisa dipengaruhi oleh pakaian anak selama perjalanan, bau mobil dan posisi duduknya. Pakaian yang panas, bau mobil yang terlalu menyengat dan posisi duduk yang kurang tepat akan membuat anak rentan mabuk perjalanan. Ini juga membuat anak merasa tidak nyaman. 

Saat anak merasa tidak nyaman, sangat besar kemungkinan ia akan mengalami mabuk. Jadi pastikan jika anak merasa nyaman untuk meminimalisir risiko mabuk perjalanan. 

2. Hindari Membaca Buku dan Melihat Gadget Selama di Perjalanan

Membaca buku dan melihat gadget akan meningkatkan risiko mabuk. Jadi pastikan jika anak tidak membaca buku atau melihat gadget. Anak bisa diajak bercerita atau mendengarkan cerita mom sambil melihat suasana luar. Pikiran yang bahagia dan pengetahuan baru selama perjalanan akan membuat anak merasa lebih nyaman serta bahagia selama di perjalanan.

3. Penuhi Kebutuhan Fisiologis Anak

Ketika anak mulai rewel, cari tahu apa yang membuatnya rewel dan tidak nyaman. Bila perlu, tanyakan ke anak yang membuatnya tidak nyaman dan usahakan untuk mengatasi rasa tidak nyaman tersebut. 

4. Pastikan untuk Istirahat Sejenak Saat Anak Mulai Lelah

Usahakan untuk mengajak anak istirahat sejenak ketika anak mulai lelah dan rewel. Hentikan mobil di tempat yang membuat anak merasa refresh dan bahagia. Istirahat sejenak juga akan membuat anak merasa lebih segar sehingga menurunkan risiko rewel. 

Itulah beberapa tips mencegah anak rewel saat di perjalanan mudik maupun balik. Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat mudik bagi yang mudik, tetap hati-hati di jalan saat berangkat maupun pulang mudik. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading