5 Manfaat Membaca Buku untuk Anak Sejak Usia Dini

Mimi Rohmitriasih29 Jun 2022, 17:45 WIB
Diperbarui 29 Jun 2022, 17:45 WIB
Anak baca buku

Fimela.com, Jakarta Mom, kapan terakhir kali mengajak buah hati membaca buku bersama? Atau, kapan terakhir kali membacakan buku cerita untuk anak dan menemani anak untuk lekas tidur?

Membaca buku untuk anak sejak usianya sedini mungkin memiliki banyak manfaat untuk anak. Membacakan cerita untuk anak adalah salah satu cara paling efektif untuk membangun koneksi saraf "bahasa" di otak anak yang sedang tumbuh dna berkembang. Membacakan cerita untuk anak juga bisa menjadi kebiasaan sehat yang mampu mendukung perkembangan kognitifnya. 

Anak yang dibiasakan untuk membaca buku sejak usianya sedini mungkin bahkan dipercaya memiliki kecerdasan yang maksimal nantinya. Selain itu, American Academy of Pediatrics menyebutkan jika membaca buku bersama anak membuat kedekatan orangtua dengan anak bisa jadi lebih baik. Melansir dari laman kidshealth.com, ada beberapa manfaat utama membaca buku untuk anak sejak usianya sedini mungkin. Manfaat tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Mengembangkan Daya Imajinasi Anak

Anak Membaca Buku
Ilustrasi Anak Membaca Buku Credit: pexels.com/Andrea

Manfaat pertama adalah mengembangkan daya imanajinasi anak. Anak yang sering diajak membaca buku atau dibacakan buku akan memiliki daya imajinasi yang lebih baik. Ini juga bermanfaat meningkatkan kreativitas dan kemampuan anak dalam berkarya. 

2. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

Anak membaca buku
Ilustrasi/copyrightshutterstock/myboys.me

Manfaat selanjutnya adalah meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Anak bisa memahami dan mengerti apa yang diperintahkan, diucapkan dan ditanyakan orangtua lebih baik. Caroline Blakemore, penulis Baby Read-Aloud Basics mengatakan jika mengajak anak membaca bisa merangsang kemampuan berbahasa anak. 

Ketika ibu membacakan buku cerita, anak akan mengamati dan belajar berbagai macam kosakata baru yang belum pernah ia tahu sebelumnya. Ini juga akan membuat kemampuan bicara anak semakin baik.

3. Daya Ingat Makin Baik

Dongeng Daerah
Ilustrasi Anak Membaca Buku Credit: pexels.com/Andrea

Anak yang sering diajak membaca buku bersama akan memiliki daya ingat yang makin baik. Anak juga sangat mungkin memiliki kemampuan berpikir yang lebih mengesankan. Menarik lagi, anak bisa menjadi pribadi yang lebih fokus dan teliti.

4. Membangkitkan Minat Baca Anak

Sapta Siaga
Ilustrasi Anak Membaca Buku Credit: pexels.com/cottonbro

Manfaat membaca buku untuk anak adalah membangkitkan minat baca anak. Anak-anak akan lebih senang membaca bahkan ketika usianya semakin dewasa. Anak yang sering diajak membaca juga akan lebih suka menulis saat ia dewasa kelak. 

5. Mempererat Hubungan Orangtua dan Anak

Ibu dan Anak
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Mom atau ayah yang sering mengajak anak membaca bersama, akan memiliki hubungan yang makin erat dengan anak. Orangtua yang sering mengajak anak membaca bersama juga akan membuat anak merasa lebih aman, nyaman dan bahagia. 

Itulah beberapa manfaat membaca buku untuk anak. Mengingat begitu banyaknya manfaat membaca untuk anak, pastikan untuk rutin mengajak anak membaca bersama sejak usianya sedini mungkin ya. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Lanjutkan Membaca ↓