Bayi Siap MPASI, Apa yang Perlu Dipersiapkan?

Fimela Reporter29 Jun 2022, 20:15 WIB
Diperbarui 29 Jun 2022, 20:15 WIB
Bayi Siap MPASI

Fimela.com, Jakarta Bayi diberikan MPASI ketika menginjak usia 6 bulan karena saat usia 6 bulan sistem imun dan pencernaan bayi lebih kuat sehingga bisa mencegahnya dari alergi, gangguan pencernaan, dan infeksi karena makanan.

Tanda-tanda bayi menunjukkan siap MPASI antara lain menunjukkan tanda lapar, tampak tertarik dengan makanan, keterampilan oral dan motorik yang semakin berkembang, serta memiliki koordinasi tangan dan mulut yang baik.

Saat bayi menunjukkan tanda-tanda siap MPASI, alangkah baiknya untuk mulai mempersiapkan peralatan yang bisa membantu mempersiapkan MPASI bayi. Apa saja yang harus dipersiapkan? Simak rangkuman Fimela berikut, ya.

1. Set Peralatan Makan Khusus Bayi

Alat Makan Bayi
Bayi siap MPASI/Copyright shutterstock.com

Bayi yang mulai belajar makan mungkin akan rewel dan menolak makan. Memilih set peralatan makan berwarna cerah dan berkarakter bisa menjadi solusi agar bayi tidak rewel dan semangat makan. Jangan lupa untuk mengecek apakah set peralatan makan bayi sudah food grade dan bebas BPA. Pilih yang berbahan ringan dan tidak mudah pecah, seperti plastik atau silikon.

2. Baby Bib

Baby Bib
Bayi siap MPASI/Copyright shutterstock.com

Bayi yang baru mulai belajar makan akan sangat berantakan. Baby bib bisa meminimalisir makanan yang jatuh dan berserakan ke lantai karena makanan yang jatuh akan langsung tertampung di baby bib. Baby bib juga membantu mencegah bayi mengotori pakaiannya.

3. Kursi Makan Bayi

Kursi Makan Bayi
Bayi Siap MPASI/Copyright shutterstock.com

Bayi memang bisa disuapi sembari digendong, namun kursi bayi bisa membantu bayi untuk tetap dalam posisi yang benar saat mencerna makanan. Hal ini bisa mencegah bayi dari tersedak. Posisi kursi bayi yang lebih tinggi dan sabuk pengaman pada kursi bayi bisa mencegahnya banyak bergerak, sehingga mempermudah Mom dalam menyuapi bayi.

4. Baby Food Maker

Baby Food Maker
Bayi Siap MPASI/Copyright shutterstock.com

Terdiri dari blender, pengukus, penghangat, dan pencair makanan beku, juga dilengkapi dengan pewaktu yang mencegah makanan terlalu keras atau lembek karena matang dengan sempurna. Bayi yang baru mulai MPASI pencernaannya belum sempurna dan harus makan makanan yang empuk untuk memudahkannya mengunyah dan menelan makanan, sehingga baby food maker bisa membantu dalam mempersiapkan MPASI.

5. Slow Cooker

Slow Cooker
Bayi siap MPASI/Copyright shutterstock.com

Slow cooker membantu memasak makanan yang memerlukan waktu lama dalam proses memasaknya. Slow cooker menghasilkan makanan yang lembut sehingga mudah dicerna bayi. Meskipun memerlukan waktu yang lama, Mom bisa melakukan aktifitas lain seperti membersihkan rumah, mencuci baju bayi, atau mengajak bayi bermain sembari menunggu makanan matang.

6. Saringan Kawat

Saringan Kawat
Bayi siap MPASI/Copyright shutterstock.com

Saringan bisa membuat makanan bertekstur lebih halus agar lebih mudah ditelan bayi. Cara menggunakannya, setelah makanan padat dihaluskan dengan blender, saring menggunakan saringan kawat dengan cara menekan-nekan hingga halus.

Itu dia beberapa alat MPASI yang perlu dipersiapkan. Prosesnya mungkin akan sangat panjang dan melelahkan, namun lelah akan tergantikan dengan melihat si kecil yang doyan makan dan bertambah berat badan.

Ditulis oleh: Aulia Oktafia

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela