Sukses

Parenting

Ini Bahayanya Jika Bayi Sering Dicium dan Disentuh Sembarangan

Fimela.com, Jakarta Saat melihat seorang bayi, siapapun pasti akan merasa gemas. Karena perasaan gemas ini tidak sedikit orang yang sering mencium dan menyentuh pipi bayi sembarangan. Termasuk mencium dan menyentuh pipi bayi orang. 

Mengungkapkan perasaan gemas ke bayi dengan mencium dan menyentuh pipinya sebenarnya sah-sah saja. Ini juga sebagai wujud kepedulian dan sayang kita ke bayi yang dicium serta disentuh. Namun Perlu kita tahu, mencium dan menyentuh pipi bayi secara sembarangan memiliki berbagai dampak buruk buat bayi lho Mom. 

Melansir dari laman theasianparents.com, ada beberapa bahaya yang berisiko pada bayi jika ia sering dicium dan disentuh pipinya secara sembarangan. Bahaya tersebut erat kaitannya dengan risiko bayi mudah tertular berbagai penyakit. Berikut beberapa penyakit yang mengintai bayi jika ia sering dicium dan disentuh sembarangan.

TBC

Bahaya pertama adalah bayi lebih mudah tertular penyakit TBC. Ketika bayi dicium dan disentuh oleh seseorang penderita TBC, ia akan sangat mudah tertular. Ini mengingat bahwa tumbuh kembang bayi belum maksimal sehingga ia sangat rentan terhadap berbagao virus, bakteri dan risiko penyakit menular. Tanda bayi yang mengalami TBC adalah berat badan sulit naik, batuk yang tak kunjung sembuh dan batuk berdahak yang disertai darah.

Berisiko Dermatitis Atopik

Ini merupakan penyakit yang erat kaitannya dengan kulit. Bayi yang berisiko dermatitis atopik ditandai dengan radang kulit disertai gatal. Muncul bintik kemerahan dan kulit rentan kering serta bersisik.

Herpes

Bayi yang sering dicium dan disentuh juga berisiko mengalami herpes. Herpes adalah penyakit yang bisa menular lewat sentuhan. Tanda herpes adalah kulit kering, kulit lepuh dan luka pada kulit yang disertai dengan adanya cairan di kulit. Jika cairan ini pecah, ini akan sangat mudah menumbuhkan herpes baru di kulit yang terkena cairan herpes. Herpes juga ditandi dengan ruam pada kulit yang disertai rasa gatal nyaris terbakar.

Infeksi Saluran Nafas

Penyakit yang mudah menular lewat sentuhan dan ciuman adalah infeksi saluran nafas. Tanda bayi yang mengalami infeksi saluran nafas adalah batuk berkepanjangan, sakit tenggorokan, demam ringan, batuk kering dan hidung tersumbat. 

Itulah beberapa bahaya yang mengancam bayi ketika ia sering dicium dan disentuh sembarangan oleh orang lain. Sebagai orangtua atau orang dewasa, kita harus lebih bijak dalam memperlakukan seorang bayi. 

Jika memang kondisi badan kita kurang fit, sebaiknya jangan dekat-dekat dengan bayi dulu. Pun ketika ada orang lain yang sedang tidak enak badan, usahakan agar bayi Mom tidak terlalu dekat dengannya dulu. Minta dengan sopan agar orang lain tidak mencium dan menyentuh bayi Mom secara sembarangan. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading