Sukses

Parenting

Kapan Anak Bisa Mulai Sekolah? Cek Tanda Anak Siap Sekolah

Fimela.com, Jakarta Sekolah menjadi hal yang sangat penting untuk setiap anak. Di sekolah anak tak hanya belajar tentang berbagai pelajaran sekolah seperti berhitung, membaca, menulis dan sejenisnya tetapi juga belajar bersosialisasi dengan teman-temannya, dengan guru-gurunya dan belajar banyak hal lain. 

Bicara mengenai sekolah, kapan sih anak bisa mulai sekolah? Pada usia berapa anak sudah bisa diajak bersekolah dan mengenal dunia di luar rumah?

Anak Bisa Mulai Sekolah

Melansir dari laman theasianparents.com, setiap anak pada dasarnya memiliki kesiapan yang tak sama. Ada anak-anak yang masih berusia 2 tahun tapi sudah minta sekolah karena ia sering melihat kakak atau saudara terdekat sekolah. Ada pula anak-anak yang usianya sudah di atas 4 tahun tapi lebih asik main sendiri dan belum mau sekolah. 

Karena anak memiliki kesiapan masing-masing untuk sekolah, orangtua tak perlu risau jika anaknya belum mau sekolah sementara teman yang lain sudah sangat semangat untuk sekolah. Beberapa ahli mengungkapkan jika anak sudah bisa mulai sekolah saat ia telah menunjukkan ketertarikan, kesiapan dan kematangan untuk sekolah. 

Tapi, jika usia anak sudah di atas 5 tahun atau bahkan 6 tahun dan anak belum menunjukkan kesiapan serta kemauannya untuk sekolah, coba perkenalkan anak dengan dunia sekolah secara perlahan. Dengan mengenal dunia sekolah secara perlahan, hal ini bisa meningkatkan minat dan semangat anak untuk sekolah.

Tanda Anak Siap untuk Sekolah

Ada beberapa tanda yang ditunjukkan oleh anak saat ia sudah siap dan tertarik pada sekolah. Tanda tersebut antara lain adalah sebagai berikut: 

  1. Anak tertarik dengan sekolah dan meminta untuk pergi sekolah. 
  2. Anak antusias dan menyimak saat orangtua membacakan buku cerita atau menceritakan hal lain terutama hal yang berkaitan dengan sekolah, teman-temannya dan aktivitas sekolah. 
  3. Anak sudah menunjukkan bahwa ia mulai tertarik dengan aktivitas belajar membaca serta menulis. 
  4. Anak sudah bisa mengikuti instruksi dengan baik seperti membereskan mainan, mengembalikan sepatu ke rak sepatu atau mengambilkan sesuatu sesuai permintaan orangtua. 
  5. Anak sudah mandiri dan tidak nempel terus menerus dengan orangtua atau pengasuhnya. Anak menunjukkan sikap dan karakter berani untuk bermain dengan teman-teman di sekitarnya dan jauh dari orangtua. 
  6. Anak sudah lulus toilet training. 

Mom, itulah sekilas mengenai kapan anak bisa mulai sekolah dan bagaimana kesiapannya. Jika di usia anak yang masih sangat dini anak meminta untuk sekolah, tak ada salahnya bagi orangtua untuk memasukkan anak ke PAUD atau pendidikan anak usia dini. Pastikan untuk menyekolahkan anak di sekolah yang memang cocok dengannya dan membuatnya merasa senang, nyaman serta bahagia. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading