Sukses

Parenting

Pentingnya Bermain Bagi Anak untuk Lebih Kreatif dan Mengasah Problem Solving Sejak Dini

Fimela.com, Jakarta Jangan sepelekan aktivitas bermain bagi anak, sebab permaianan dapat membantu tumbuh kembang anak, meningkatkan motorik halus dan kasar, keterampilan komunikasi dan sosial, perkembangan kognitif, kemandirian, dan fokus.

Maka orangtua dapat membantu perkembangan otak si kecil dengan memberikan permainan yang mengedukasinya. Serta meluangkan waktu bermain bersama anak.

"Meski sibuk sangat penting untuk meluangkan waktu bermain bersama anak dengan permainan kreatif," ujar Amanda Abel, Pediatric Psychologist pada bincang virtual Lego Duplo Academy, beberapa waktu lalu.

Bermain sebaiknya jangan hanya untuk kesenangan atau hiburan semata, Amanda menyampaikan jika bermain bisa dijadikan rutinitas. Misalnya saja, buatlah jadwal bermian dengan permainan yang kreatif dan mengedukasi.

"Banyak yang berfikir bermain membuang waktu, padahal ini bisa membuat anak belajar banyak, mengasah perkembangan otak dan bermanfaat untuk kesepakatan mereka di kemudian hari," ujar Amanda.

Mengasah Problem Solving sejak dini

Amanda mengatakan permainan kreatif dapat mengasah pemecahan masalah yang sangat efektif bagi si kecil. Misalnya saja menyusun permaian menjadi suatu kesatuan. Menurut Amanda, hal ini dapat membuat anak memecahkan masalah.

"Manfaat permaian kreatif itu ialah anak dapat mengasah pemecahan masalah seperti dan mengetahui sesuatu. hingga mencoba hal-hal baru," paparnya.

Agar anak dapat mengasah kemampuannya, biarkan bereksplorasi. Amanda menyampaikan sebaiknya terapkan jangan takut salah agar si kecil tidak takut mencoba. Ajarkan ke anak untuk tidak masalah saat membuat kesalahan dan bukan hal yang buruk. Ini membuat anak mencari solusi agar lebih kreatif.

"Dengan begitu anak juga akan berani mengajukan pertanyaan ketika ia salah, memberi kesempatkan untuk terlibat di dalam permainan, dan mudah berterima kasih karena telah membantu," kata Amanda.

Permainan yang mengasah kreatifitas seperti mainan konstruksi pada Lego yang dapat merangsang imajinasi dan kreativitas. Membantu meletakkan dasar-dasar belajar huruf, angka, dan warna.

#women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading