Sukses

Parenting

5 Manfaat Konsumsi Kaldu untuk Bayi Siap MPASI yang Sayang Dilewatkan

Fimela.com, Jakarta Bayi yang sudah menginjak usia 6 bulan siap untuk diberi makanan pendamping ASI. Kebutuhan nutrisinya yang semakin banyak tidak cukup hanya dengan ASI. Mom bisa mempertimbangkan kaldu sebagai makanan pendamping ASI.

Kaldu bermanfaat baik bagi bayi. Konsumsi kaldu bisa menghangatkan tubuh ketika dingin. Kaldu mudah dicerna saat bayi kehilangan nafsu makan atau kesulitan makan. Kaldu juga bisa meredakan gejala pilek pada bayi. Namun, tahukah jika selain manfaat yang disebutkan tadi, kaldu juga memiliki sejumlah manfaat baik bagi kesehatan bayi? Berikut ulasannya.

1. Kesehatan Usus

Asam amino, gelatin, kolagen, glutamin, dan arginin dalam kaldu membantu menutup lapisan pada usus bayi, melawan peradangan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Diketahui, kaldu juga direkomendasikan bagi orang dewasa dengan masalah usus karena sifatnya yang anti radang dan bisa membantu penyembuhan lapisan usus.

2. Kekebalan Tubuh

Kaldu mendukung kesehatan di semua tahap kehidupan. Kaldu membantu membangun kekebalan tubuh yang kuat pada bayi. Dengan mengonsumsi kaldu yang kaya akan nutrisi, bayi akan terhindar dari berbagai infeksi dan penyakit. Bayi juga lebih kebal terhadap alergi.

3. Kesehatan Tulang

Nutrisi kalsium dan magnesium penting untuk mendukung kesehatan tulang dan gigi. Nutrisi yang terkandung dalam kaldu ini hadir dalam bentuk yang mudah dicerna oleh bayi sekalipun sistem pencernaannya belum matang. Glukosamin dan kondroitin mendukung kesehatan tulang bayi. Sedangkan gelatin dan kolagen membantu membangun jaringan yang kuat.

4. Sistem Pencernaan

Mengenalkan makanan padat pada bayi tidak mudah, sebab pencernaanya belum sempurna. Glisin dalam kaldu akan memproduksi asam lambung dan empedu yang bisa membantu mendukung pencernaan bayi. Gelatin dapat membantu melancarkan cairan dalam usus dan meningkatkan kekebalan usus.

5. Mengenalkan Rasa Gurih

Sebelum makanan padat dikenalkan, bayi hanya terbiasa dengan rasa manis pada ASI atau susu formula. Menyiapkan makanan pendamping dengan rasa kaldu yang gurih adalah cara yang baik untuk mengenalkan rasa lain ke dalam mulut bayi.

Itu dia manfaat konsumsi kaldu bagi bayi yang sayang untuk dilewatkan. Mulai sekarang, jangan membuang kaldu dari rebusan tulang dan manfaatkan sebagai makanan pendamping bayi yang lezat dan bernutrisi.

Ditulis oleh: Aulia Oktafia Mahmudah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading