Sukses

Parenting

5 Cara Mudah Mengajarkan Anak Sikat Gigi sejak Dini

Fimela.com, Jakarta Kesehatan gigi dan mulut menjadi aspek penting yang perlu kita jaga dengan baik. Tak hanya pada diri kita, menjaga kesehatan gigi juga penting untuk diterapkan dan dibiasakan pada anak-anak bahkan sejak usianya sedini mungkin. Sejak dini, anak-anak harus diajarkan dan dibiasakan merawat gigi dan menjaga kebersihan serta kesehatannya.  

Untuk mengajarkan anak sikat gigi bisa dibilang sebagai hal yang gampang-gampang susah. Anak mungkin saja sering menolak untuk menyikat giginya. Anak-anak juga kerap menolak untuk menghentikan kebiasaan mengonsumsi makanan manis agar terhindar dari berbagai masalah gigi. Lalu, bagaimana untuk mengajarkan anak sikat gigi dan menjadikan sikat gigi sebagai aktivitas yang menyenangkan baginya? 

Ketahui Waktu Terbaik untuk Menyikat Gigi

Sebelum mengajarkan anak untuk menyikat gigi, ketahui waktu yang tepat kapan sebaiknya kita dan anak-anak menyikat gigi. Waktu terbaik untuk menyikat gigi adalah setelah sarapan dan sebelum tidur. Mulai ajari anak untuk menyikat gigi di waktu ini. Ajak anak untuk menyikat gigi sama-sama agar aktivitas ini menyenangkan untuknya. 

Untuk anak yang masih bayi atau yang belum tumbuh gigi, Mom bisa membersihkan gusi anak dengan kain yang dibasahi dengan air hangat. Semakin dini Mom membiaskan anak menyikat dan membersihkan giginya, semakin ia rajin untuk sikat gigi seiring bertambahnya usianya. 

Biarkan Anak Memilih Sikat dan Pasta Giginya Sendiri

Ketika hendak meminta anak menyikay gigi, biarkanlah anak untuk memiliki sikat dan pasta gigi kesukaannya. Ini akan membuat anak merasa senang dan bahagia menyikat giginya sendiri.

Beri Tahu Anak Manfaat dari Menyikat Gigi

Beri tahu anak apa manfaat dari menyikat gigi. Beri tahu juga anak apa bahayanya jika anak malas menyikat gigi. Ceritakan juga kisah yang berhubungan dengan kebaikan dalam menyikat gigi. Semakin anak mengerti dan memahami kebaikan dari menyikat gigi, besar kemungkinan ia akan sangat semangat menyikat dan menjaga kebersihan giginya. 

Beri Reward Atas Kebersihan Gigi Anak

Beri reward atau pujian atas kebersihan gigi anak. Semakin senang dan bahagia perasaan anak karena giginya bersih, akan semakin semangat untuknya menjaga kebersihan gigi sehari-hari. Anak yang merasa bahagia dan terpuji atas kebersihan giginya, ia akan terdorong untuk lebih menjaga kebersihan giginya. 

Itulah beberapa cara mengajarkan anak menyikat gigi sejak sedini mungkin. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading