Sukses

Parenting

Apa yang Harus Dilakukan Orangtua Saat Anak Demam? Cek di Sini

Fimela.com, Jakarta Demam merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi pada setiap orang termasuk anak-anak. Saat anak demam, setiap orangtua pasti merasa cemas, khawatir dan panik. Apalagi jika demam tersebut disertai dengan gejala lain seperti anak terus menerus rewel, anak tidak mau makan atau minum serta menyusu (jika masih bayi), anak mual dan muntah atau bahkan anak kejang. 

Saat mendapati anak demam, cemas dan khawatir boleh saja dirasakan oleh orangtua. Namun jangan sampai kecemasan dan kekhawatiran ini menjadi kepanikan yang berlebihan. Terlalu cemas, khawatir dan panik hanya akan membuat anak tidak mendapatkan penanganan yang tepat.

Mengenal Apa Itu Demam pada Anak

Mengutip dari laman liputan6.com, menurut dr. H. Mohammad Komarudin, Sp. A, demam sebagai keluhan yang paling umum dirasakan anak-anak sebenarnya bukan termasuk penyakit. Demam merupakan tanda atau gejala penyakit lain yang butuh observasi lebih lanjut. Tubuh yang mengalami demam merupakan tanda bahwa tubuh sedang melakukan fungsinya melawan infeksi.

Ketika mendapati anak demam, apa yang harus orangtua lakukan? Cukupkah jika orangtua hanya memberikan obat penurun demam ke anak?

Tips Menangani Demam pada Anak

Demam pada anak apalagi anak-anak di bawah usia 3 tahun biasanya terjadi karena pilek, flu, tumbuh gigi atau pasca imunisasi. Tapi tidak menutup kemungkinan demam ini juga disebabkan gejala penyakit lain. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan orangtua saat mendapati anak demam. Berikut beberapa hal tersebut: 

  • Berikan anak obat penurun panas sesuai dengan anjuran bidan atau dokter. 
  • Pastikan untuk memberikan asupan nutrisi yang cukup ke anak. Berikan asupan cairan yang cukup dengan lebih sering menyusuinya (jika bayi masih menyusu) dan memberi asupan cairan lain seperti air putih, susu dan sup. 
  • Berikan anak pakaian yang senyaman mungkin. Hindari memberi anak pakaian yang terlalu tebal, panas dan sesak. 
  • Kompres anak dengan air hangat.
  • Berikan makanan hangat ke anak terutama makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin tinggi seperti sup daging ayam, sup sayuran dan sejenisnya. 

Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan orangtua ketika anak mengalami demam. Alih-alih cemas dan panik berlebih, pastikan untuk selalu setenang mungkin agar penanganan yang diberikan ke anak tepat. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading