Sukses

Parenting

5 Cara Mudah Agar Anak Gemar Membaca, yang Utama Berilah Contoh

Fimela.com, Jakarta Orangtua mana yang tak bahagia dan bangga ketika memiliki buah hati cerdas dan berwawasan luas? Bisa dipastikan bahwa semua orangtua bangga akan hal ini. Tapi, bagaimana kira-kira agar anak tumbuh dan berkembang semakin cerdas serta berwawasan luas? Melansir dari laman unicef.org, salah satu cara agar anak cerdas dan berwawasan luas adalah membuatnya gemar membaca. 

Memang, membuat anak gemar membaca bukan perkara yang gampang dilakukan. Meski begitu bukan berarti tidak mungkin membiasakan anak gemar membaca. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua agar anak memiliki kegemaran membaca. Para ahli percaya jika salah satu cara yang utama adalah orangtua juga harus memberi contoh bahwa ia gemar membaca. 

Sementara itu, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua agar anak gemar membaca.

Kenalkan Buku Sejak Dini

Cara pertama yang bisa dilakukan orangtua jika ingin anak gemar membaca adalah kenalkan anak buku sejak usianya sedini mungkin. Mengenalkan buku ke anak sejak dini akan membuatnya terbiasa dengan buku. Ini juga akan membantu anak semakin menyukai buku dan mencari tahu isi di dalamnya.

Bacakan Anak Buku Cerita Sebelum Tidur

Tanpa disadari, membacakan buku cerita ke anak sebelum ia tidur juga membantunya gemar membaca. Tak hanya itu saja, anak pun akan semakin suka membaca seiring bertambahnya usia. Ia juga akan semakin nyaman dan nyenyak dalam tidurnya. Membaca buku sebelum tidur bahkan dipercaya bisa membangun kedekatan antara orangtua dan anak agar lebih baik.

Beri Kesempatan Anak untuk Memilih Buku Kesukaannya

Beri kesempatan anak untuk memilih buku yang ia suka. Saat anak memilih buku yang ia suka, itu akan membantunya lebih suka membaca. Ini juga akan membuat anak merasa bahwa buku bukan hal yang membosankan serta menakutkan untuknya.

Biasakan Membaca Buku Sebagai Aktivitas Rutin

Buat dan biasakan jika aktivitas membaca buku adalah aktivitas rutin. Membaca buku tak hanya lewat buku yang dicetak saja. Tak apa jika sesekali mengajak anak membaca buku elektronik pada gawai.

Berikan Contoh Bahwa Orangtua Juga Gemar Membaca

Berikan contoh jika Mom dan ayah serta anggota keluarga lain di rumah juga gemar membaca buku. Ketika anak melihat orangtuanya gemar membaca, ini akan mendorongnya untuk lebih menyukai dan mencintai aktivitas membaca buku. Ini juga akan membuatnya merasa sangat nyaman karena ada orang lain yang juga menyukai hobinya. 

Itulah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan agar anak gemar membaca buku. Semoga informasi ini bermanfaat. Membiasakan anak membaca buku perlu dilakukan secara bertahap dan pelan-pelan. Jika anak menolak membaca buku, hindari memaksanya. Memaksa anak melakukan apa yang ia tidak suka hanya akan membuatnya semakin tidak menyukai hal tersebut.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading