Sukses

Parenting

7 Cara Mengetahui Kehamilan 1 Minggu yang Jarang Disadari

Fimela.com, Jakarta Sering kali kehamilan dengan usia 1 minggu ini jarang disadari. Kehamilan di awal minggu memiliki tanda-tanda yang mirip dengan gejala haid. Sehingga banyak orang salah mengartikan tanda kehamilan ini.

Kehamilan 1 minggu bisa terhitung sejak hari terakhir mengeluarkan haid. Sehingga Sahabat Fimela bisa melakukan penghitungan tanggal secara manual untuk menandai usia kehamilan. Jika sudah merasakan gejala-gejala yang mirip dengan tanda kehamilan, segera periksakan kepada dokter.

Cara mengetahui kehamilan ini bisa dilakukan dengan mudah. Namun, perlu diketahui kalau tidak semua orang bisa merasakan ciri-ciri kehamilan di usia 1 minggu ini. Agar tidak penasaran, berikut cara mengetahui kehamilan di usia 1 minggu:

Cara Mengetahui Kehamilan 1 Minggu

1. Perut Kembung

Cara mengetahui kehamilan 1 minggu adalah dengan merasakan perut kembung di minggu pertama. Ibu hamil akan sering pergi ke kamar mandi, untuk membuang air kecil agar perut tidak terasa kembung. Hal ini juga disertai dengan bentuk perut yang menjadi buncit.

2. Keputihan

Sering dikira sebagai pertanda datang bulan, tetapi keputihan juga bisa muncul dikehamilan 1 minggu. Keputihan yang keluar akan lebih banyak daripada biasanya. Keputihan ini normal terjadi saat hamil, karena organ kewanitaan membersihkan jamur dan bakteri yang terdapat di dalamnya.

3. Telat Haid

Tentu saja cara mengetahui kehamilan yang paling mudah adalah karena terlambat haid. Telat haid ini biasanya dihitung mulai dari hari terakhir kali melakukan hubungan badan dengan suami. Telat haid ini akan terjadi selama beberapa minggu dan ibu hamil harus segera melakukan cek kehamilan.

Cara Mengetahui Kehamilan 1 Minggu yang Selanjutnya

4. Mengalami Kram Perut

Karena janin semakin berkembang dan tumbuh di dalam kandungan, maka ibu hamil akan mengalami kram perut sama seperti saat haid. Kondisi ini akan terus dialami ibu hamil, seiring berkembangnya bayi di dalam kandungan. Jika kondisinya sangat tidak nyaman, segera hubungi dokter kandungan.

5. Morning Sickness

Sering kali di kehamilan 1 minggu, ibu hamil mengalami kondisi morning sickness. Tanda kehamilan ini disertai dengan gejala mual dan muntah yang terjadi setiap waktu. Waspadai gejala ini, karena bisa membuat tubuh menjadi lemas dan dehidrasi.

Cara Mengetahui Kehamilan 1 Minggu yang Terakhir

6. Perasaan Sensitif

Cara mengetahui kehamilan 1 minggu yang selanjutnya adalah perasaan ibu hamil bisa lebih sensitif daripada biasanya. Tanda ini hampir sama dengan perempuan yang sedang PMS. Karena hormon yang ada di dalam tubuh mengalami perubahan, yang membuat suasana hati menjadi berubah-ubah.

7. Mulai Ngidam

Masa kehamilan sangat sering ditandai dengan ngidam. Ngidam adalah menginginkan sesuatu yang ada di pikiran. Lalu keinginan itu harus terwujud dalam bentuk makanan atau minuman yang biasanya tidak dikonsumsi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading