Sukses

Parenting

8 Kebiasaan Sehat yang Perlu Mom Lakukan Selama Hamil

Fimela.com, Jakarta Kehamilan menyebabkan banyak perubahan pada tubuh, termasuk perubahan hormon dan fungsi kekebalan tubuh. Perubahan-perubahan ini seringkali mengharuskan perempuan hamil untuk merawat diri sendiri dengan lebih baik. Merawat diri sendiri dengan baik selama kehamilan dapat membantu Mom dan buah hati tetap aman. Kebiasaan sehat bahkan dapat menyebabkan persalinan lebih mudah. Lalu kebiasaan sehat seperti apa yang perlu dilakukan bagi Mom yang sedang hamil? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Minum Vitamin Prenatal

Vitamin prenatal mengandung banyak nutrisi yang harus dikonsumsi ibu hamil untuk memastikan perkembangan janin yang sehat. Salah satu vitamin ini disebut asam folat. Mengambil asam folat mengurangi risiko bayi cacat tabung saraf seperti spina bifida.

Vitamin prenatal juga mengandung zat besi, yang memberikan oksigen ke bayi, serta kalsium. Mom akan membutuhkan kalsium karena mungkin kehilangan kepadatan tulang selama kehamilan. Ikuti petunjuk pada botol vitamin prenatal untuk memastikan bahwa Mom mendapatkan cukup kapsul selama kehamilan.

2. Lindungi Diri dari Listeria

Listeria adalah bakteri yang dapat membahayakan Mom dan bayi. Ini menyebabkan penyakit yang disebut listeriosis. Perempuan hamil lebih mungkin memiliki listeria daripada perempuan yang tidak hamil. Perempuan yang menderita listeriosis dapat mengalami demam, menggigil, dan gejala seperti flu. Perempuan hamil dengan listeriosis juga berisiko serius mengalami keguguran.

Orang dapat terpapar listeria dengan mengonsumsi susu yang tidak dipasteurisasi, daging dan sayuran mentah, dan makanan olahan. Namun, konsumsi makanan yang cermat dapat membantu melindungi diri dari listeria.

3. Minum Air dan Susu

Perempuan hamil tentu membutuhkan konsumsi air yang lebih banyak. Bawalah botol air ke mana pun Mom pergi sehingga Mom akan selalu memiliki sesuatu untuk diminum. Minum susu akan membantu Mom mendapatkan kalsium ekstra yang Mom butuhkan untuk tetap sehat saat hamil.

4. Makan Buah, Sayuran, dan Kacang-kacangan

Vitamin prenatal tidak memenuhi semua kebutuhan nutrisi Mom. Persentase yang signifikan dari nutrisi harian harus berasal dari sayuran sehat dan sumber protein tanpa lemak seperti kacang-kacangan. Makanlah sayuran berdaun hijau dan kacang-kacangan untuk mendapatkan lebih banyak asam folat. Konsumsilah buah-buahan yang tinggi vitamin C, seperti melon, jeruk, brokoli, dan jeruk bali. Untuk meningkatkan asupan kalsium, makanlah yogurt yang dicampur dengan buah.

5. Berolahraga Secara Teratur

Olahraga sangat penting selama kehamilan karena membantu mengatur suasana hati dan membuat tidur lebih mudah. Olahraga juga baik untuk sirkulasi. Bentuk olahraga yang lembut adalah yang terbaik, terutama rejimen olahraga yang dirancang khusus untuk wanita hamil. Berjalan, yoga, meditasi, dan berenang semuanya baik untuk ibu hamil. Konsultasikan dengan dokter tentang jenis olahraga apa yang terbaik. Dokter juga dapat membantu Mom memutuskan seberapa sering Mom harus berolahraga agar tetap sehat.

6. Kontrol Kenaikan Berat Badan

Mom harus menambah berat badan selama kehamilan. Selain berat bayi, tubuh Mom akan memiliki lebih banyak darah, rahim yang lebih besar, dan payudara yang lebih besar. Kebanyakan wanita akan mendapatkan antara 25 dan 35 pon selama kehamilan. Namun, kenaikan berat badan yang terlalu banyak selama kehamilan dapat membahayakan Mom dan si kecil. Kontrol kenaikan berat badan selama kehamilan dapat membantu Mom menghindari obesitas.

7. Hindari Jenis Ikan Tertentu

Beberapa jenis ikan mengandung kadar merkuri yang tinggi, yang dapat memengaruhi perkembangan otak bayi. Seringkali hiu, tilefish, swordfish, dan king mackerel adalah jenis ikan terburuk untuk ibu hamil. Tuna juga bisa menjadi masalah, jadi Mom harus membatasi jumlah tuna yang mereka konsumsi.

8. Tidur Setidaknya 7 Jam Setiap Hari

Perempuan yang tidak cukup tidur di malam hari lebih mungkin mengalami komplikasi selama persalinan dan lebih mungkin membutuhkan operasi caesar. Tidur bisa jadi sulit bagi ibu hamil, jadi perempuan harus berbaring di tempat tidur setidaknya selama 8 jam setiap hari untuk mendapatkan setidaknya 7 jam setiap hari.

Nah, itulah beberapa kebiasaan sehat yang perlu Mom lakukan saat masa kehamilan, selain memabuat janin lebih sehat ini juga dapat membantu Mom melalui persalinan yang lebih lancar tanpa ada kendala serius. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading