Sukses

Parenting

5 Manfaat Pijat untuk Bayi yang Penting Diketahui Orang Tua

Fimela.com, Jakarta Pijat merupakan aktivitas yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Pijat tak hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa. Pijat juga bisa diberikan ke bayi. Sama dengan pijat yang dilakukan oleh orang dewasa, pijat pada bayi juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatannya. 

Penelitian menemukan jika pijat pada bayi bisa membuat bayi merasa lebih tenang dan nyaman. Pijat pada bayi juga bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuhnya, meningkatkan nafsu makan hingga membantunya tidur lebih nyenyak. Mengutip dari laman theasianparents.com, inilah beberapa manfaat pijat pada bayi untuk kesehatan serta tumbuh kembangnya. 

Membantu Bayi Lebih Tenang

Manfaat pertama dari pijat pada bayi adalah membantunya merasa lebih tenang. Sentuhan pijat yang lembut, akan membantu otot-otot tubuh bayi lebih lemas. Saat otot tubuh lebih lemas, tentunya akan membuat tubuh bayi merasa lebih nyaman dan perasaannya lebih tenang. 

Melancarkan Sistem Pencernaan

Pijat pada bayi juga bermanfaat melancarkan sistem pencernaannya. Memijat perut bayi dengan benar dan secara lembut akan membantunya terhindar dari risiko sembelit serta konstipasi. Ini juga mencegahnya mengalami kram perut. Ini bahkan bermanfaat meningkatkan nafsu makan bayi.

Kualitas Tidur Bayi Lebih Baik

Manfaat selanjutnya yakni kualitas tidur bayi lebih baik. Bayi yang dipijat secara rutin akan memiliki kualitas tidur lebih baik. Bayi juga berpotensi memiliki tidur lebih nyenyak saat siang maupun malam.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Bayi

Beberapa penelitian menemukan jika pijat pada bayi bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Pijatan bisa membuat bayi merasa lebih tenang. Saat bayi tenang, bayi pun akan lebih sehat dan memiliki sistem imun yang lebih baik.

Bayi Lebih Bahagia

Pijatan lembut pada bayi akan membuatnya makin bahagia. Pijatan yang diberikan oleh Mom sendiri akan membantu Mom dan bayi memiliki kedekatan yang mengesankan. Melalui pijatan, bayi juga akan merasa lebih diperhatikan serta dicintai secara tulus oleh orang tuanya. Hal ini yang membuat bayi kemudian merasa lebih senang, bahagia dan aman. 

Itulah sekian manfaat pijat pada bayi. Jadi gimana Mom, masih ragu untuk memijat bayimu di rumah? Meski pijat pada bayi memberi manfaat. Pastikan untuk memijat bayi dengan baik dan benar. Pastikan juga agar memijat bayi dengan lebih hati-hati atau serahkan pada ahlinya jika ragu untuk memijat sendiri. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading