Sukses

Parenting

Tips Agar Anak Suka Makan Sayur dan Buah, Mom Penting Tahu!

Fimela.com, Jakarta Anak-anak termasuk pribadi yang sangat pemilih soal makanan. Umumnya, anak-anak tidak begitu suka dengan makanan berupa sayuran atau buah-buahan. Mereka lebih cenderung menyukai ayam goreng, bakso hingga mie. Padahal nih Mom, nutrisi yang terkandung di dalam sayur dan buah sangat baik untuk menunjang tumbuh kembang anak. 

Untuk membuat anak makan sayur dan buah memang bukan perkara mudah. Tapi Mom, tak boleh menyerah begitu saja. Mengutip dari laman webMD.com, ada beberapa tips yang bisa dilakukan Mom agar buah hati lebih suka makan sayur dan buah. Apa saja tipsnya? Simak yang berikut ini.

Libatkan Anak di Dapur

Tips pertama adalah libatkan anak di dapur saat memasak. Ajak anak untuk memilih makanannya sendiri. Siapkan berbagai macam sayur dan buah dan minta anak untuk memilihnya. Hal ini akan membantu anak lebih suka terhadap sayur maupun buah. Anak juga sekaligus belajar banyak mengenai makanan yang sebaiknya dikonsumsi sehari-hari.

Sajikan Sayur dan Buah Bersama Makanan Favoritnya

Usahakan untuk menyajikan sayuran dan buah-buahan bersama makanan favorit anak. Tapi ingat, untuk porsi makanan favorit anak sebaiknya sedikit saja. Minta anak untuk mencoba makan sayur dan buah walau hanya satu gigitan. Lakukan hal ini secara rutin agar anak terbiasa makan sayur dan buah. Membangun kebiasaan anak akan membantunya suka pada sayur dan buah.

Perkenalkan Buah dan Sayur dengan Cara Menyenangkan

Usahakan untuk memperkenalkan buah dan sayur ke anak secara menyenangkan. Ketika anak merasa senang saat makan sayur dan buah, ini akan membantunya lebih suka terhadap kedua makanan tersebut.

Jadilah Contoh

Jika ingin anak makan sayur dan buah, pastikan untuk menjadi contoh untuk anak. Ketika anak melihat Mom, ayah dan anggota keluarga lain menyukai sayur serta buah, ini akan membuatnya juga menyukai makanan yang sama.

Hindari Mamaksa Apalagi Memarahi Anak Saat Makan

Hindari memaksa apalagi memarahi anak saat makan. Jangan memaksa anak untuk makan sayur dan buah. Memasak anak makan sayur dan buah hanya akan membuatnya semakin benci pada sayur dan buah. Sebaiknya ajak anak makan sayur dan buah dengan lebih sabar dan menyenangkan. 

Itulah sekian tips agar anak suka makan sayur dan buah. Tidak apa jika anak hanya menyukai beberapa jenis sayur serta buah. Ini sudah cukup menutrisi tubuhnya dibandingkan tak makan sayur serta buah sama sekali. Jika pun anak tak mau makan sayur dan buah sebagai makanan utama, jadikan keduanya sebagai camilan yang dimakan di sela-sela waktu makan utama. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading