Sukses

Parenting

7 Makanan Terbaik untuk Menunjang Tumbuh Kembang Anak

Fimela.com, Jakarta Usia anak-anak adalah usia emas di mana nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya, bisa berperan penting dalam menunjang tumbuh kembangnya. Ketika Mom memberikan makanan sehat dan bernutrisi tinggi ke anak, tumbuh kembang anak akan semakin maksimal. Anak dengan nutrisi yang cukup setiap harinya berpotensi memiliki tubuh lebih sehat dan otak yang lebih cerdas.

Mengutip dari laman eatingwell.com, ada beberapa makanan terbaik yang dipercaya bisa menunjang tumbuh kembang anak secara maksimal. Makanan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otaknya, memaksimalkan kekuatan tulang dan otot, menjaga daya tahan tubuh dan melancarkan sistem pencernaannya. Apa saja makanan tersebut?

Yogurt

Makanan pertama yang terbaik untuk anak ada yogurt. Katie Andrews, M. S, R. D, seorang ahli gizi dan nutrisi pada anak mengungkapkan jika yogurt termasuk salah satu makanan terbaik untuk anak. Yogurt mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan fisik pun mental anak. 

Kacang-kacangan

Makanan terbaik selanjutnya ada kacang-kacangan. Nutrisi yang terkandung dalam kacang-kacangan bisa menunjang tumbuh kembang anak. Ini juga bisa meningkatkan kecerdasan dan sistem imunnya. Katie mengatakan, “Sangat penting bagi orang tua memberikan kacang-kacangan ke anak. Ini merupakan sumber protein dan nutrisi terbaik. Anak 4 sampai 8 tahun setidaknya membutuhkan asupan kacang-kacangan sebanyak 25 gram setiap harinya.”

Telur

Telur adalah salah satu super food yang terbaik untuk anak. Nutrisi pada telur bisa membuat kesehatan anak lebih maksimal. Omega 3 yang terkandung dalam telur juga membuat kecerdasan anak semakin mengesankan. Studi pada tahun 2020 oleh American Academy of Allergy Asthma & Immunology, menemukan jika asupan berupa telur bisa mencegah anak dari alergi. Pemberian telur ke anak sejak sedini mungkin berpotensi membuatnya memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik.

Alpukat

Buah alupkat adalah makanan terbaik yang seharusnya diberikan ke anak. Buah ini mengandung nutrisi terbaik yang dibutuhkan untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak. Buah alpukat bahkan menjadi salah satu menu MPASI terbaik bayi di bawah usia 1 tahun.

Ubi Jalar

Ubi jalar juga termasuk makanan terbaik untuk anak. Ini merupakan sumber karbohidrat yang menyehatkan. Rasanya yang manis dan menggugah selera juga disukai oleh anak-anak. Ada banyak menu makanan yang bisa dibuat dengan bahan utama ubi jalar.

Susu

Susu juga menjadi makanan terbaik untuk anak. Susu adalah sumber kalsium dan magnesium yang dibutuhkan anak untuk menunjanh tumbuh kembangnya. Susu dan olahannya sangat baik untuk kesehatan fisik pun pisikis anak.

Aneka Sayuran

Aneka sayuran adalah makanan terbaik untuk anak. Pastikan agar Mom memasukkan sayuran ke daftar makanan anak sehari-hari. Sayur adalah sumber nutrisi dan gizi terbaik tak hanya untuk anak-anak tapi juga untuk orang dewasa. 

Itulah sekian makanan terbaik yang sebaiknya diberikan ke anak. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading