Sukses

Parenting

5 Cara Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu Anak agar Makin Cerdas

Fimela.com, Jakarta Salah satu cara agar anak bisa menjadi cerdas adalah menumbuhkan rasa ingin tahunya. Saat rasa ingin tahunya tumbuh, keinginan dan semangatnya untuk belajar bisa makin meningkat. Selain itu, anak pada dasarnya senang belajar, membuat penemuan sendiri, dan memikirkan solusi yang kreatif.

Orangtua bisa bantu menumbuhkan rasa ingin tahu anak dengan lima komponen. Mengutip buku Montessori Toddler, lima cara ini bisa dilakukan dan diupayakan oleh orangtua agar rasa ingin tahu anak meningkat. Selengkapnya, simak rangkumannya di sini.

1. Percaya pada Anak

Dr. Montessori mendorong kita agar percaya bahwa anak ingin belajar dan berkembang. Serta meyakini bahwa anak secara intrinsik tahu apa yang mereka perlukan untuk berkembang sebagaimana seharusnya. Orangtua bisa bantu menyediakan lingkungan yang kaya bagi anak untuk bereksplorasi tanpa harus memaksanya belajar.

2. Menyediakan Lingkungan Belajar yang Kaya

Dengan adanya lingkungan belajar yang kaya, anak bisa mengembangkan rasa ingin tahu mengenai dunia di sekitarnya dan hasrat untuk belajar. Lingkungan yang kaya bukan berarti dipenuhi material mahal, melainkan bisa menghadirkan kesempatan dan ruang bagi anak untuk mengeksplorasi hal-hal baru di sekitarnya.

 

 

3. Menyediakan Waktu untuk Bereksplorasi

Anak butuh waktu untuk berkembang dan mengikuti keinginan untuk menemukan, mengeksplorasi, dan bertanya-tanya. Untuk itu, kita perlu menyediakan waktu bagi anak untuk bereksplorasi. Beri anak waktu untuk bergerak, membangun hubungan, melakukan percakapan, dan bertanya-tanya agar rasa ingin tahunya meningkat.

4. Siapkan Landasan yang Kuat dan Aman

Maksudnya landasan yang kuat dan aman adalah keamanan dan perlindungan fisik serta emosional yang perlu diberikan kepada anak. Membebaskan anak untuk melakukan eksplorasi perlu diimbangi dengan memastikan lingkungannya aman. Kehadiran orangtua yang menemani anak dalam mengeksplorasi sesuatu juga bisa menjadi landasan yang kuat secara emosional untuk anak.

5. Menumbuhkan Rasa Takjub

Kita bisa membantu anak untuk mengeksplorasi dunia dan lingkungan sekitarnya dengan segenap indra mereka. Bantu anak untuk bisa menyampaikan rasa atau pengalamannya tentang dunia yang dilihatnya. Hadirkan rasa takjub agar bisa menjadi suntikan semangat baru untuk mencoba hal-hal baru.

Lima hal di atas bisa menjadi strategi sederhana untuk bantu menumbuhkan rasa ingin tahu anak. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading