Sukses

Parenting

6 Peran Suami saat Istri Hamil, Dibutuhkan Dukungan untuk Melewati Fase Ini!

Fimela.com, Jakarta Pernikahan menyatukan dua orang, yang kemudian menjalani hidup mereka sebagai satu kesatuan. Setiap tanggung jawab dalam pernikahan harus dipikul oleh suami dan istri, begitu juga dengan membesarkan anak. Meskipun peran dan tanggung jawab antara orangtua dapat berubah sesuai dengan dinamika masing-masing pasangan, namun kedua orangtua sama-sama bertanggung jawab selama masa kehamilan.

Membantu istri agar kehamilannya lancar, sebenarnya adalah soal menunaikan tanggung jawab sebagai suami dan calon ayah yang setia. Sebagai seorang suami, mungkin bertanya-tanya bagaimana Dad dapat membantu istri menjalani kehamilannya semulus mungkin.

Untuk membantu Dady melakukan tanggung jawab dengan baik, berikut beberapa hal yang calon ayah lakukan saat istri tengah hamil. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Didik Diri Sendiri

Kadang-kadang, hanya dengan mengetahui dan memahami apa yang dialami istri merupakan langkah besar, jadi pelajarilah dirimu sendiri tentang hal-hal yang terjadi selama kehamilan. Banyak hal yang perlu diperhatikan saat istri hamil, jadi bacalah kebiasaan makan, pakaian, atau hal yang lebih serius seperti asupan suplemen dan morning sickness agar bisa menafkahi istri.

2. Membantu Jika Dia Mengalami Morning Sickness

Mual di pagi hari bisa menjadi pengalaman menyakitkan yang bisa membuat perempuan lelah dalam waktu singkat. Sebagai seorang suami, perlu mendukung istri selama masa ini. Dorong dia, berdiri di sisinya, dan buat dia merasa nyaman. Siapkan tempat istirahat untuknya agar dia bisa bersantai setiap kali mual di pagi hari melanda.

3. Jadilah Sensitif

Hal-hal pasti akan berubah dalam beberapa bulan ke depan. Akan ada perubahan suasana hati, pergumulan emosional, rasa sakit, dan lainnya. Perubahan ini wajar, jadi belajarlah bersabar saat istri mengalami perubahan tersebut. Peka terhadap permintaannya dan selalu tanggapi dengan kebaikan. Ini akan membuatnya merasa berterima kasih.

4. Berikan Dorongan dan Dukung Dia

Istri membutuhkan dukungan dan dorongan pada tahap hidupnya ini. Kehamilan adalah masa pasang surut, di satu sisi, dia bahagia dan bersemangat, di sisi lain, ada perubahan fisik, ketidakpastian, dan ketakutan. Selama perjalanan kehamilannya, penting bagi suami untuk mendorongnya dan mengingatkannya bahwa Dad bersamanya dan dia tidak perlu khawatir.

5. Jadilah Fleksibel

Mungkin ada saat-saat ketika suami mungkin harus mengubah rencana atau bahkan membatalkannya untuk menemani istri, jadi pertimbangkan itu sebagai kemungkinan selama kehamilannya. Cobalah menjadwalkan pertemuan informal dengan teman-teman sesuai dengan kebutuhan istri, dan jangan ragu untuk sesekali meminta jam kerja yang fleksibel agar Dad dapat menghabiskan waktu bersama istri. Dengan cara ini, Dad bisa selalu ada untuknya saat dia membutuhkan.

6. Masak Bersamanya

Banyak hal yang tampak seperti tugas yang sangat besar selama kehamilan, dan memasak adalah salah satunya. Terlibatlah di dapur dan buat hal-hal yang akan dia buat. Dia akan menghargai gerakan itu dan itu akan meringankan bebannya juga, sehingga membuatnya cukup istirahat dan lebih tenang. Jangan ragu untuk menjalankan tugas sepenuhnya juga.

Sekian peran suami ketika istri sedang mengandung, tentunya dibutuhkan banyak dukungan untuk melalui fase kehamilan ini. Terlebih bagi Sahabat Fimela yang mungkin mudah mengalami kelelahan atau masalah yang mengganggu aktivitas sehari-hari. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading