5 Tanda Bayi Sudah Menerima ASI yang Cukup

Endah Wijayanti27 Nov 2022, 13:45 WIB
Diperbarui 27 Nov 2022, 13:45 WIB
bayi berjemur

Fimela.com, Jakarta Selama masa menyusui, ibu kadang merasa was-was apakah si kecil sudah mendapat ASI yang cukup atau belum. Sebab demi memastikan tumbuh kembang bayi bisa optimal, memastikan ASI sudah terpenuhi dengan baik sangatlah penting. Di sini, ibu perlu mengetahui sejumlah tanda umum tanda bayi cukup ASI.

Mengutip buku Parenting tanpa Galau, ada lima hal yang bisa jadi tanda bayi cukup ASI. Mulai dari memerhatikan kondisi payudara ibu hingga suara si kecil menelan ASI. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Payudara Terasa Melembut

Ibu bisa memeriksa kondisi payudara setelah menyusui. Kalau payudara terasa lembut dan kosong setelah menyusui, ini bisa jadi pertanda bayi mendapat cukup ASI. Senantiasa cek payudara di tiap sesi menyusui, ya moms.

2. Terdengar Suara Bayi Menelan ASI

Perhatikan suara bayi saat diberi ASI. Bayi yang mengeluarkan suara ketika menelan ASI kemungkinan mendapat ASI cukup. Bisa diperhatikan dari gerakan rahang bayi yang bergerak ke atas dan ke bawah.

 

3. Buang Air Teratur

Ilustrasi
Ilustrasi. (dok. unsplash @zelleduda)

 Salah satu tanda bayi mendapat cukup ASI adalah bayi akan sering buang air kecil. Bisa sekitar 10-20 kali dalam sehari. Warna urinnya pun bening atau kuning pucat.

4. Warna Feses Bayi Hijau atau Kuning

Perhatikan juga saat bayi buang air besar. Asupan ASI yang cukp bisa dilihat dari warna feses bayi, yaitu warna hijau atau kuning. Selalu perhatikan hal ini ya moms untuk memastikan si kecil mendapat cukup ASI.

5. Adanya Kenaikan Berat Badan

Kenaikan berat badan juga pertanda bayi mendapat cukup ASI. Biasanya bayi yang mendapat asupan ASI yang cukup akan mengalami kenaikan berat badan antara 600-800 gram per minggu.

Itu tadi lima hal yang menjadi tanda umum si kecil mendapat ASI cukup. Kalau moms masih memiliki kekhawatiran, ada baiknya untuk segera berkonsultasi ke bidan atau dokter, ya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela