Tips Bayi Lekas Tidur dalam Hitungan Detik dan Lebih Nyenyak

Mimi Rohmitriasih01 Des 2022, 14:35 WIB
Diperbarui 01 Des 2022, 14:35 WIB
Tidak Membiarkan Bayi Tidur dengan Dot

Fimela.com, Jakarta Membuat bayi lekas tidur bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika Mom dan suami adalah orang tua baru. Beberapa bayi lebih nyaman terjaga dan susah tidur. Meski waktu sudah menunjukkan malam hari.

Saat bayi begadang, ini tak hanya berpengaruh pada tumbuh kembangnya saja. Ini juga berpengaruh besar terhadap kesehatan mental kedua orang tua. Begadang setiap malam, akan membuat Mom dan suami rentan merasa lelah berlebih. Ini juga rentan membuat orang tua dilanda stres hingga depresi. 

Mengutip dari laman parents.com, menidurkan bayi bisa dilakukan dalam hitungan detik. Cara ini bahkan bisa membuat bayi tertidur lelap sepanjang malam. Apa saja caranya?

Ciptakan Kebiasaan Tidur Terjadwal

bayi tidur
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Cara pertama adalah ciptakan kebiasaan tidur yang terjadwal. Atur jadwal tidur bayi secara teratur setiap harinya. Jika di hari pertama bayi tidur jam 8 malam, hari-hari berikutnya ajak bayi mulai tidur di jam 8. Menciptakan kebiasaan tidur yang terjadwal akan membuat bayi tidur rutin di waktu sama setiap harinya.

Buat Bayi Lebih Aktif di Siang Hari

ilustrasi fakta asi membuat bayi mudah tidur dan tidak mudah sakit/Polina Tankilevitch/pexels
ilustrasi/Polina Tankilevitch/pexels

Sebaiknya, buat bayi lebih aktif di siang hari. Aktif di siang hari akan membuat bayi merasa lelah dan mengantuk saat malam hari. Ini akan membantu bayi lekas tidur sesuai jadwal dengan tidur yang lebih nyenyak serta berkualitas.

Iringi dengan Suara Stabil

ibu menidurkan anak
ilustrasi ibu dan anak bayi/SritanaN/Shutterstock

Suara sekitar yang stabil dan menenangkan akan membuat bayi lebih nyaman untuk tidur. Sebelum bayi tidur, sebaiknya buat suasana sekitar senyaman mungkin. Buat juga suara sekitar stabil dan tidak membuat bayi terganggu. Suara keras, suara berisik dan suara yang mengangga akan membuat waktu tidur bayi juga terganggu.

Ciptakan Lingkungan yang Nyaman dan Menenangkan

Memastikan Anak Memiliki Jam Tidur yang Cukup
Ilustrasi Bayi Tertidur Credit: pexels.com/Ivano

Ciptakan lingkungan yang nyaman dan menenangkan. Tidurkan bayi di tempat tidur yang bersih, wangi dan membuatnya nyaman. Berikan juga pakaian yang nyaman untuk si kecil sebelum ia tidur. Keadaan yang nyaman akan membuatnya lekas tidur dan memiliki tidur yang lebih berkualitas.

Gendong Bayi Sebelum Tidur

Bayi Tidur
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Cara ini bisa membuat bayi merasa lebih tenang. Bahkan ketika ia dalam keadaan tidak nyaman atau menangis. Gendong sambil tepuk-tepuk punggung bayi atau usap-usap rambutnya. Dalam hitungan detik, bayi yang berada dalam gendongan akan terlelap atau tidur. 

Itulah sekian cara untuk menidurkan bayi dengan cepat dan lebih nyenyak. Semoga cara ini bermanfaat. Yuk Mom, jangan panik apalagi khawatir saat bayi rewel dan tak kunjung tidur. Tangani dengan perasaan yang lebih sabar maka bayi akan lebih mungkin untuk cepat merasa tenang dan nyaman.

#WomenForWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela