Sukses

Parenting

7 Manfaat Olahraga Rutin Bagi Ibu Hamil

Fimela.com, Jakarta Ketika Mom berjuang untuk mengatasi mual saat hamil tentu dirimu juga perlu mempertimbangkan berolahraga saat hamil. Semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa olahraga memiliki manfaat besar saat Mom hamil. Bahkan jalan-jalan sederhana di sekitar perumahan atau sesi peregangan dapat meningkatkan suasana hati dan tidur yang lebih baik. Jadikan itu sebagai rutinitas rutin, dan Mom akan meningkatkan peluang persalinan yang lebih mudah dan pemulihan yang lebih cepat. Lalu, apa saja manfaat berolahraga saat hamil? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Tingkatkan Stamina dan Kesehatan Jantung

Seperti yang mungkin sudah Mom duga, berolahraga dapat meningkatkan kebugaran secara keseluruhan. Dengan memperkuat jantung dan pembuluh darah melalui olahraga, Mom mempersiapkan tubuh untuk mengatasi tantangan fisik lain yang akan datang, persalinan dan melahirkan.

2. Mengurangi Risiko Komplikasi Kehamilan

Berolahraga saat hamil dapat menurunkan kemungkinan mengembangkan kondisi tertentu seperti diabetes gestasional. Dan jika Mom mengalami diabetes gestasional, tetap aktif dapat membantu menjaga kadar insulin tetap terkendali.

3. Tingkatkan Suasana Hati

Perempuan lebih rentan terhadap depresi selama kehamilan, dengan perkiraan 1 dari 2 perempuan melaporkan peningkatan depresi atau kecemasan saat hamil. Tetapi penelitian telah menemukan bahwa olahraga selama kehamilan melepaskan endorfin yang membantu memperbaiki suasana hati sekaligus mengurangi stres dan kecemasan.

4. Mengurangi Risiko Darah Rendah

Tekanan darah terkadang naik selama kehamilan, tetapi lonjakan yang signifikan bisa menjadi tanda peringatan preeklampsia. Tetap aktif, dalam satu penelitian, hanya berjalan secara teratur, ditemukan dapat menjaga tekanan darah agar tidak naik.

5. Meringankan Nyeri Punggung dan Panggul

Bukan rahasia lagi bahwa benjolan pada perut karena bayi yang tumbuh memberi tekanan ekstra pada bagian bawah tubuh, mengakibatkan nyeri punggung bawah dan panggul yang pegal. Memperkuat perut, bagaimanapun, dapat mengurangi nyeri punggung bawah dan panggul selama akhir kehamilan. Berhati-hatilah saat pergi ke gym, dan hindari gerakan apa pun yang dapat memperburuk sakit punggung.

6. Lawan Kelelahan

Kelelahan tingkat rendah mengganggu banyak perempuan hamil selama trimester pertama, kemudian lagi di akhir trimester ketiga. Meski tampak paradoks, terkadang terlalu banyak istirahat justru bisa membuat Mom merasa lebih buang air besar. Jadi, meskipun Mom tidak boleh memaksakan diri hingga kelelahan, sedikit dorongan, katakanlah, jalan santai atau kelas yoga prenatal dapat membuat perbedaan besar pada tingkat energi.

7. Tingkatkan Tidur

Sementara banyak perempuan hamil melaporkan mengalami kesulitan tidur, mereka yang berolahraga secara konsisten selama tidak mendekati waktu tidur, yang terbukti memberi energi, mengatakan kualitas tidur mereka lebih baik dan mereka bangun dengan perasaan lebih istirahat.

Well, jangan ragu untuk melakukan olahraga selama hamil, ya Sahabat Fimela. Tentunya, kamu perlu konsultasi dengan dokter kandungan, jenis olahraga apa saja yang aman untuk ibu hamil. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading