Sukses

Parenting

5 Bahayanya Pemberian MPASI pada Bayi Berusia 0-4 Bulan

Fimela.com, Jakarta Makanan pendamping ASI (MPASI) umumnya diberikan saat bayi sudah berusia enam bulan. Ada juga yang bayi yang sudah bisa diberi MPASI di usia empat bulan. Hal ini terkait dengan perkembangan keterampilan makan pada bayi.

Pemberian MPASI dini, yaitu pemberian MPASI sebelum bayi berusia empat bulan sangat tidak disarankan karena bisa membahayakan si kecil. Pada usia 0-4 bulan, perkembangan motorik bayi (tangan kepala, leher, dan punggung) belum terkontrol dengan baik. Selain itu, kemampuan makannya baru tahap bisa menelan makanan cair saja, yaitu ASI. Mengutip buku 567 Fakta tentang MPASI, pemberian MPASI dini bisa meningkatkan sejumlah gangguan kesehatan. Selengkapnya, simak rangkumannya di sini.

1. Meningkatnya Risiko Terkena Infeksi

Pemberian MPASI dini bisa membuat bayi mendapat ASI yang lebih sedikit. Makin sedikit zat-zat dalam ASI yang bersifat melindungi bayi dari risiko infeksi membuat bayi jadi rentan terkena infeksi.

2. Meningkatnya Risiko Mengalami Gangguan Pencernaan

Di bawah usia empat bulan, sistem pencernaan bayi masih belum siap untuk menerima makanan padat. Kalau MPASI diberikan terlalu dini, bayi rentan mengalami penyakit dan gangguan saluran pencernaan.

 

 

3. Meningkatnya Risiko Terkena Alergi

Bayi bisa rentan terkena alergi dengan pemberian MPASI dini. Sebelum berusia empat bulan, bayi masih belum membutuhkan makanan lain selain ASI.

4. Meningkatnya Risiko Terkena Obesitas

Konsumsi ASI pada bayi yang telah diberi makan pasti akan berkurang. Hal ini malah akan membuat kebutuhan nutrisinya menjadi tidak terpenuhi. Selain itu, bayi akan berisiko mengalami obesitas jika MPASI diberikan terlalu dini.

5. Meningkatnya Risiko Gangguan Makan

Di bawah usia empat bulan, bayi masih belum siap atau mampu makan. Sekalipun makanan yang diberikan masih encer, tapi kalau diberikan terlalu dini malah akan meningkatkan risiko gangguan makan. Apalagi perkembangan oromotor si kecil yang belum bisa menutup mulut dengan baik bisa membuatnya malah akan kesulitan untuk menerima makanan sebelum pada waktunya.

Ada baiknya berkonsultasi lebih dulu ke dokter sebelum memberikan MPASI pada si kecil. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading