7 Cara Agar Ikatan Cinta dengan Pasangan Semakin Kuat

Febi Anindya Kirana20 Sep 2022, 16:15 WIB
Diperbarui 20 Sep 2022, 16:15 WIB
pasangan cinta bahagia

Fimela.com, Jakarta Memiliki hubungan cinta yang kuat dengan pasangan tentu membutuhkan komitmen dan usaha yang sangat besar. Tak cukup hanya dengan ucapan "I love you" dan semacamnya, tapi juga perlu dibarengi dengan usaha perbaikan sikap. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan jika ingin ikatan cinta dengan pasangan semakin kuat. Ini beberapa tips yang bisa dicoba.

1. Prioritaskan kepentingan bersama

Foto: copyright ShutterStock.com
Foto: copyright ShutterStock.com

Apapun hal yang kamu hadapi, prioritaskan kepentingan bersama. Bagaiman pun kamu bukan hanya hidup dengan dirimu sendiri seperti saat lajang dulu, tapi ada pasangan yang juga perlu diikutsertakan dalam membuat keputusan. Jadi kapan pun kamu dan pasangan memiliki masalah atau harus membuat pilihan, dasarkan pada kepentingan bersama. Seringkali mencari titik tengah dari perbedaan pendapat tidaklah mudah, harus ada ego yang ditekan.  Selalu bicarakan berdua agar bisa mencari jalan keluar serta bisa tetap menjaga rasa saling percaya pada orang yang dicintai. Letakkan hubungan cinta sebagai hal yang tak terkalahkan.

2. Tidak boleh ada rahasia

pasangan cinta
ilustrasi pasangan kencan/copyright by ShotPrime Studio (Shutterstock)

Kejujuran harus menjadi landasan cinta kalian. Dengan menerapkan kejujuran, maka akan lebih sedikit masalah dan kesalahpahaman yang muncul. Jangan ada rahasia di antara kamu dan pasangan. Terbukalah satu sama lain dan bicarakan apa pun yang ada di dalam hati dan pikiran. Seringkali orang gagal mempertahankan ikatan cinta karena merasa pasangannya tidak perlu tahu. Padahal komunikasi yang terus terang sangat dibutuhkan agar kamu semakin memahami dia, begitu pula dia padamu. 

3. Memiliki waktu berdua saja

pasangan bahagia romantis
ilustrasi couple cinta/WHYFRAME/Shutterstock

Meskipun hubungan cinta sudah berlangsung lama, bukan berarti kamu bisa bosan dengannya. Quality time tetap penting dilakukan. Buat satu hari yang benar-benar berbeda daripada hari biasanya, misalnya kencan keluar ke tempat yang belum pernah kalian datangi, nonton ke bioskop, sehari tanpa telepon ponsel, atau janjian melakukan kegiatan maupun hobi baru bersama, apa pun yang bisa membuat kalian fokus terhadap satu sama lain. Terkadang kamu dan dia lupa, betapa pentingnya kehadiran satu sama lain hanya karena sudah 'terbiasa' bersama. Jangan jadikan itu kebiasaan, karena pasti ia ingin diperlakukan spesial, kamu pun ingin diperlakukan spesial olehnya. Nikmati momen tersebut berdua.

4. Saling mengapresiasi

pasangan cinta bahagia
ilustrasi couple/PeopleImages.com - Yuri A/Shutterstock

Memiliki rasa respek terhadap satu sama lain itu sangat penting. Bagaimana bisa mempertahankan hubungan cinta dengan pasangan jika kalian hanya punya pikiran untuk saling meremehkannya, iya kan? Cara menghargai pasangan bisa ditunjukkan dalam banyak cara, misalnya memuji kerja kerasnya, mengucapkan terima kasih setiap ia selesai melakukan sesuatu untukmu, mengucap syukur di depannya karena ia telah ada untukmu selama ini dan lain sebagainya. Banyak penelitian juga sudah membuktikan bahwa menghormati dan menghargai pasangan adalah salah satu bentuk cinta yang dibutuhkan untuk menguatkan ikatan cinta.

5. Lebih mempercayai pasangan

pasangan cinta bahagia
ilustrasi couple romantis/maruco/Shutterstock

Jika tidak punya kepercayaan terhadap satu sama lain, hubungan cinta cenderung mudah hancur. Jadi jika ingin memperkuat ikatan cinta, tentu kamu dan pasangan harus menguatkan rasa percaya terhadap satu sama lain. Saling curiga, berprasangka dan berpikiran negatif terhadap pasangan hanya akan mengikis rasa cinta. Bahkan untuk hubungan cinta yang saling jujur dan tidak menyimpan rahasia terhadap satu sama lain juga perlu memiliki ruang pribadi untuk diri sendiri. Kalain tetap perlu memberikan "me time" untuk satu sama lain didampingi dengan rasa percaya. Dengan begitu, komitmen juga akan semakin kuat.

6. Selesaikan masalah-masalah kecil

pasangan cinta
ilustrasi pasangan minum kopi/our-team/www.freepik.com

Jika ada masalah, sekecil apa pun, sebaiknya segera dibicarakan dan diselesaikan. Jangan sampai kamu mengabaikan masalah-masalah kecil yang nantinya justru jadi masalah besar. Begitu pula jangan membesar-besarkan masalah kecil. Kamu tidak perlu hidup penuh drama di kehidupan nyata. Misalnya saja dia melakukan kesalahan seperti telat menjemput, melupakan sesuatu hal, atau sedang bermalas-malasan, bicarakan dengan baik-baik saja, tidak perlu dengan nada tinggi. Semua orang pasti punya sisi negatif dan kamu perlu memaklumi sisi negatif pasangan, seperti ia memaklumi sisi negatifmu.

7. Selalu memberikan dukungan

pasangan cinta
ilustrasi pasangan bahagia/copyright By gowithstock (Shutterstock)

Salah satu cara menunjukkan rasa cinta adalah dengan memberikan dukungan. Dukung ia dalam menyelesaikan targetnya, mengejar tujuan dan impiannya atau mungkin keinginan memiliki jalan karier yang lebih baik. Seseorang yang mendapatkan dukungan akan menunjukkan cinta yang lebih kuat kepada pasangannya, jadi ini merupakan kunci menguatkan ikatan cinta. Dengan memberikan dukungan, kamu sudah memberikan lebih dari cukup untuk pasangan agar merasa lebih percaya diri untuk melakukan banyak hal.

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela