5 Penyebab Susah Melupakan Mantan, Benarkah Cuma karena Kesepian?

Endah Wijayanti28 Jul 2021, 16:15 WIB
Diperbarui 28 Jul 2021, 16:15 WIB
perempuan dan belum melupakan mantan

Fimela.com, Jakarta Sebuah hubungan bisa jadi berakhir, tapi kenangannya akan terus menetap di dalam hati. Sosok yang dulu pernah kita anggap rumah bisa berakhir menjadi bukan siapa-siapa, bahkan tak lagi bisa jadi tempat singgah. Tapi kenapa kadang masih saja sulit melupakan mantan kekasih?

Ada banyak penyebab kenapa kita masih susah melupakan mantan. Bila kamu saat ini sedang dalam proses untuk memulihkan hati, ada baiknya untuk mencari tahu akar penyebab kenapa masih susah melupakan mantan. Dengan begitu, kamu bisa segera menemukan solusi yang paling tepat untuk bisa melanjutkan hidup.

1. Perasaan Kesepian Mendominasi Hatimu

Ada rasa hampa, kosong, dan sepi dalam hatimu. Ketika kamu merasa kesepian, sosok mantan bisa kembali hadir dalam benak dan bayanganmu. Kesepian yang hadir ini pastinya butuh "penawar". Kalau kita malah membiarkan sosok mantan menguasai benak kita, bisa-bisa rasa kesepian itu malah makin kuat. Ada baiknya untuk bisa mencari cara ternyaman untukmu bisa berdamai dengan rasa kesepian itu, entah dengan curhat dengan teman atau sekadar menikmati waktu menonton serial favorit di rumah.

2. Masih Sering Stalking Media Sosial Mantan

Yup, ketika kamu masih terhubung di media sosial dengan mantan, maka makin sulit bagimu untuk melupakannya. Apalagi kalau masih sering mengintip dan mengikuti berita terbarunya di media sosial. Kamu bakal merasa ada kemelekatan yang tak kunjung lepas. Jadi, kalau memang benar-benar ingin melupakannya, berhentilah stalking medsosnya.

3. Banyak Kenangan Berkesan yang Tersimpan

move on
Ilustrasi/copyrightshutterstock/BlurryMe

Hubungan boleh berakhir, tapi kenangan yang ada bisa terus menetap. Ketika sudah ada banyak kenangan yang terjalin dengan mantan, maka melupakannya akan semakin sulit. Sebenarnya tak ada yang salah dengan kenangan. Jika ingatan dan kenangan itu hadir, biarkan saja menghampiri dan melewatimu. Namun, tak perlu terlalu lama menggenggamnya dan mengenangnya kembali sebab ada hari-hari yang lebih baik untuk dijalani ke depannya.

4. Ada Perkara yang Belum Selesai

Ada urusan yang belum selesai. Ada pertanyaan yang belum terjawab. Mungkin kamu masih bertanya-tanya kenapa hubungan yang tadinya berjalan sangat sempurna bisa berujung lara. Ragam pertanyaan yang menyelubungimu bisa membuatmu sulit untuk move on. Jika dirasa memang butuh jawaban agar hatimu lega, tak apa untuk mencari jawabannya. Namun, jika tidak, maka yang perlu kamu lakukan adalah menerima semua realitas yang ada.

5. Merasa Bersalah

Kamu menyalahkan diri sendiri atas kandasnya hubungan. Ada perasaan bersalah yang terus menghantuimu. Rasa kecewa dan bersalah membuatmu sulit memaafkan diri sendiri. Saat kamu terus berkubang dalam perasaan ini, yang terjadi kemudian malah hanya akan membuatmu sulit untuk melupakan mantan. Jadi, sudahi rasa bersalah, maafkan diri sendiri, berdamai dengan keadaan, dan lanjutkan hidup.

Semoga kamu bisa mendapatkan cinta yang lebih baik. Semoga hubungan yang kamu jalin ke depannya bisa lebih indah juga, ya.

 

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela