4 Cara Membuka Hati Setelah Terpuruk Karena Cinta

Gayuh Tri Pinjungwati09 Sep 2021, 16:15 WIB
Diperbarui 09 Sep 2021, 16:15 WIB
single

Fimela.com, Jakarta Setiap orang mungkin memiliki masa lalu yang menyakitkan dalam hubungan. Hal ini bisa membuat mereka sulit membuka diri untuk orang baru. Kamu merasakan berbagai emosi dari dalam dirimu. Kamu mungkin merasa ingin marah, menyesal, menyalahkan dan bersedih.

Meski demikan kamu perlu membuka diri, kamu berhak mendapatkan dan bertemu seseorang yang layak untuk hidup bahagia bersamamu. Membuka hati bukanlah hal yang mudah. Tips dari Fimela ini bisa membantumu membuka hati secara perlahan untuk bertemu dengan orang yang tepat.

1. Memberikan Sesuatu Kepada Orang Lain

Hal pertama dan terpenting yang dapat kamu lakukan adalah memberikan apa yang kamu inginkan kepada orang lain. Misalnya, jika kamu ingin lebih banyak kasih sayang. Jadilah lebih sayang dengan orang-orang yang ada di sekitarmu. Jika kamu butuh dihargai, kamu juga perlu menghargai orang lain. Pikirkan tentang apa yang kamu inginkan dan kemudian lihat sekelilingmu. Ini bisa membuatmu membuka pikiran dan hati secara perlahan.

2. Dengarkan Keluhanmu

Hal kedua yang dapat kamu lakukan adalah mendengarkan apa yang kamu keluhkan pada orang lain. Kemudian lihatlah dirimu sendiri. Ini sama halnya dengan bercermin, apa yang kita perjuangkan dalam diri orang lain seringkali adalah apa yang kita sangkal dalam diri kita sendiri. Jika kamu dapat belajar mengenali emosimu yang sulit terbuka pada orang lain, maka kamu tidak menutup hati saat merasakannya.

3. Teruslah Bangkit

single
ilustrasi/copyrightshutterstock/kittirat roekburi

Sebagian besar rasa tidak nyaman disebabkan ketika kita memikirkan masa lalu, biasanya dengan penyesalan atau menjalani hidup saat ini dan masa depan dengan rasa takut. Cobalah untuk menerima kenyataan pahit itu. Belajarlah dari rasa sakit itu, belajarlah dari kesalahan, dan bangkit untuk melanjutkan perjalanan hidupmu. 

4. Berharap

Agar hatimu benar-benar terbuka, catat apa yang kamu hargai dalam hidup terutama dalam hubunganmu. Hal ini membantumu untuk lebih membuka diri. Tak ada salahnya berharap.

Memiliki masa lalu yang pahit dan menyakitkan mungkin membuatmu enggan membuka hati. Ketika kamu enggan untuk beranjak dan memilih melepaskan beban masa lalumu. Maka kamu akan sulit menemukan seseorang yang akan menyembuhkan lukamu. Yakinlah, kamu pantas untuk mendapatkan yang terbaik.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela