Heboh Split Bill pada Kencan Pertama di Twitter, Begini 3 Aturannya Menurut Ahli

Nabila Mecadinisa26 Okt 2021, 17:00 WIB
Diperbarui 26 Okt 2021, 17:00 WIB
kencan

Fimela.com, Jakarta Istilah split bill viral di media sosial. Bagi yang awam dengan istilah split bill, sederhananya adalah patungan. Sehingga split bill ketika kencan pertama berarti kedua pihak baik laki-laki atau perempuan membayar masing-masing terhadap apa yang ia konsumsi.

Namun akhir-akhir ini, sebuah unggahan di twitter viral akibat sang perempuan menuduh seorang laki-laki yang pelit ketika sang laki-laki meminta perempuan tersebut membayar bill makanan yang ia makan. Tak terima dengan tuduhan tersebut, netizen pun mengungkapkan, etika kencan pertama versi mereka masing-masing. 

Dikutip dari mirror.com, seorang pakar di TikTok, @ask.nelly menyebutkan jika, patungan tagihan saat kencan pertama membuat seorang laki-laki terlihat ‘murahan’ hal ini juga tidak membenarkan para perempuan untuk mengambil kesempatan 'makan gratis’ saat kencan pertama

Etika yang tepat

pasangan kencan
ilustrasi pasangan bahagia/west_photo/Shutterstock

“Men should never let women pay for a first date because if you’re asking a girl out and then going out, it just shows you’re cheap.” Ungkap Nelly dalam video tersebut. 

Lalu sebenarnya, bagaimana aturan kencan pertama yang sebaiknya dilakukan agar kedua belah pihak tidak merasa dirugikan atau berat dengan tagihan kencan yang berlangsung? 

1. Terbuka sejak awal

Uang bukanlah masalah yang tabu lagi. Jadi, terbukalah sejak awal mengajak kencan jika kencan kali ini, kalian akan patungan membayar bill apapun. Sehingga lebih adil dan tidak memberatkan sebelah pihak. 

 

2. Selalu berusaha membayar tagihan

pasangan kencan
ilustrai cinta bahagia/chaponta/Shutterstock

2. Selalu berusaha membayar tagihan

Sebagai perempuan, tentu kamu harus mandiri dan tidak tergantung dengan orang lain. Pada kencan pertama, pastikan kamu memberikan impresi yang baik dengan berinisiatif membayar tagihan. Namun di saat teman kencan bilang ia yang bayar, tentu kamu wajib bilang terima kasih, sehingga kamu mengapresiasi usaha yang ia lakukan. 

3. Gantian mentraktirnya

Di saat kencan pertama sang pria membayar seluruh tagihan kencan, maka tandanya kamu berhutang dengan si dia. Saatnya kamu membayar di kencan kedua dengan mentraktirnya. Jika ia menolak, berilah pengertian, jika ia telah membayar kencan pertama dan kini saatnya giliranmu. Dengan cara ini, maka kamu akan jadi pribadi yang lebih dihargai dan menyenangkan baginya. 

Masalah bayar membayar memang terlihat sepele, namun hal ini bisa memperlihatkan bagaimana sikap asli yang kamu miliki. Melakukan split bill bukan berarti si dia pelit, hargailah keputusannya dengan pikiran terbuka. Dan ingatlah jika kencan bukanlah saatnya kamu pergi gratis, meskipun si dia membayar tagihan kencan, namun kamu memiliki tanggung jawab di kemudian hari untuk membalas budi kebaikannya dengan membayarkan tagihan pada kencan berikutnya. 

 

 

 

 

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela