Sukses

Relationship

5 Alasan Perempuan Menunda Pernikahan Meski di Usia Ideal

Fimela.com, Jakarta Banyaknya tuntutan untuk menikah, khususnya bagi perempuan hingga kini masih menjadi perdebatan. Ada yang berpendapat usia yang ideal untuk menikah bagi perempuan di atas 30an dan ada juga yang mengatakan sebaiknya menikah di bawah usia 30an.

Tidak ada yang salah, karena semua orang berhak bahagia dengan pilihannya. Mau menikah mudah atau di usia ideal itu pilihan masing-masing orang. Dan inilah alasan mengapa perempuan menunda pernikahan meski di usia ideal.

1. Ingin mengejar karier

Pernikahan bisa menyita banyak waktu dan perhatian, sehingga orang yang masih ingin fokus pada karier tidak terlalu tertarik untuk menikah terlalu cepat. Sehingga, mereka tidak perlu repot membagi waktu antara pekerjaan dan pernikahan. Tetapi, tidak menutup kemungkinan kalau perempuan masih bisa bekerja setelah menikah, dan ini sudah banyak buktinya.

2. Pendidikan

Sama seperti karier, pendidikan juga penting bagi perempuan. Banyak orang yang tidak puas dengan pendidikannya saat ini dan ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Mungkin akan sulit untuk mengejar pendidikan setelah menikah karena ada banyak hal yang harus dipikirkan, jadi lebih baik ditunda terlebih dahulu.

3. Ada rasa khawatir

Terkadang perempuan belum mau menikah karena mereka tidak siap, namun karena memiliki kekhawatiran atas pernikahan itu sendiri. Misalnya takut tidak bebas, takut gagal, dan sebagainya. Apalai jika mereka memiliki pengalaman buruk di masa lalu, seperti punya keluarga yang pernah bercerai.

4. Punya prioritas lain

Banyak alasan orang menunda pernikahan bahkan di usia ideal, salah satunya karena ada hal lain yang diprioritaskan. Misalnya harus membiayai keluarga, merawat keluarga yang sakit atau masih ingin menikmati waktu sendiri. Bagaimana pun juga, ini adalah hal yang harus dipikirkan sebelum memutuskan untuk menikah.

5. Belum menemukan orang yang tepat

Terkadnag, orang belum menikah bukan karena tak mau, tetapi karena belum menemukan orang yang pas. Bagaimana pun juga pernikahan bukan hal yang main-main, jadi harus pilih-pilih kalau mencari pendamping. Bahaya sekali kalau asal memilih seseorang apalagi yang tak ada kecocokan sama sekali, bisa-bisa pernikahan tak bertahan lama.

Mau menikah di usia muda atau usia ideal itu tak ada yang salah karena tergantung dari kesiapan masing-masing orang dan semua orang berhak atas pilihannya.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading