5 Cara Mengakhiri Hubungan secara Baik-Baik

Baiq Nurul Nahdiat31 Des 2021, 17:05 WIB
Diperbarui 31 Des 2021, 17:05 WIB
Cara Mengakhiri Hubungan secara Baik-Baik

Fimela.com, Jakarta dipertahankan maka apa boleh buat, putus adalah salah satu jalan keluarnya. Tetapi bagaimana jika masih ada perasaan ragu-ragu untuk melakukannya karena kamu takut menyakiti hati dan perasaannya.

Kalau kamu takut menyakiti perasaan pasanganmu, berikut ini cara mengakhiri hubungan dengan baik dan dewasa.

1. Lakukan secara langsung

Kalau kamu ingin memutuskan hubungan secara baiki-baik, jangan melakukannya melaui pesan atau telepon tapi lakukan secara langsung. Bertemulah dengan orang yang bersangkuta dan jelaskan tujuanmu. Setidaknya, mereka bisa mengerti apa alasanmu dan lebih dihargai

2. Jujurlah dengan perasaanmu

Semua orang pasti ingin tahu apa alasan mereka diputuskanm jadi jangan mencari-cari alasan lain yang dapat membuat orang tersebut bingung. Utarakan dengan jujur mengapa kamu ingin putus. Tapi hindari menggunakan kalimat yang kasar dan sebaiknya cari kata yang lebih sopan dan mudah diterima.

3. Jangan bertele-tele

Cara Mengakhiri Hubungan secara Baik-Baik
Cara Mengakhiri Hubungan secara Baik-Baik. (ilustrasi/copyrightshutterstock/Narith Thongphasuk38)

Kalau keputusanmu sudha bulat ingin putus dengan seseorang, maka lakukan segera jangan membuat orang lain merasa digantung atau di PHP. Katakan secara langsung, jangan menunggu kesiapannya. Karena semakin lama kamu menyimpan hal seperti ini, maka semakin banyak juga sakit hati yang akan kamu simpan untuk dirimu dan orang lain.

4. Tunjukkan empati

Saat kamu ingin putus dengan seseorang, walaupun hubunganmu pada akhirnya akan berakhir juga. Tetapi setidaknya tunjukkan penyesalanmu. Jangan lupa meminta maaf kalau kamu memiliki kesalahan di masa lalu. Setidaknya jadi tahu bahwa ini juga bukan merupakan keputusan yang mudah untukmu.

5. Jangan berlama-lama

Cara Mengakhiri Hubungan secara Baik-Baik
Cara Mengakhiri Hubungan secara Baik-Baik. (Ilustrasi/copyright shutterstock.com/polkadot_photo)

Kalau kamu sudah menyatakan keinginanmu untuk putus dengan seseorang, maka segera akhiri pertemuan kalian. Karena kalian butuh waktu untuk menenangkan diri satu sama lain. Kalau bisa, jangan saling menghubungi dulu untuk sementara waktu hingga keadaan sudah benar-benar kondusif.

Tidak ada yang mudah dari hubungan yang berakhir, perasaan sakit hati dan hampa itu pasti dirasakan, tapi belajarlah menerima semuanya dengan lapang dada dan ihlas.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela