Sukses

Relationship

Bukan Karena Desakan, Ini 7 Tanda Kamu Siap Menikah

Fimela.com, Jakarta Ketika kita sering melihat teman kita telah berpasangan, kamu mungkin merasa sudah waktunya untuk bersanding dengan seseorang yang tepat. Terkadang banyak tekanan atau rasa sepi yang membuatmu ingin buru-buru menikah. Tapi, muncul pertanyaan apakah kamu siap untuk menikah?

Nah, berikut ini adalah beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kamu benar-benar siap untuk menikah dengan kekasihmu.

1. Memiliki Tujuan yang Jelas untuk Menikah

Pikirkan kembali mengapa kamu ingin menikah? Apakah kamu benar-benar ingin menghabiskan sisa hidup bersama? Atau hanya karena ingin menghindari tekanan dari orangtua? Tanyakan pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan sulit dan pastikan kamu siap untuk menikah.

2. Hubunganmu Begitu Mendalam

Ketika kamu telah menjalin hubungan serius dengan pasangan, mungkin sudah waktunya untuk melanjutkan ikatan tersebut ke jenjang yang lebih mendalam. Kamu dapat merencakan pernikahan dengan pasanganmu. Kamu mungkin merasa sudah mampu dan pantas untuk menghadapi dan mengatasi masalah dalam rumah tangga bersama-sama.

3. Mengenal dan Mempercayai Pasangan

Tidak peduli berapa lama kalian bersama, kamu harus mengenal pasangan sepenuhnya. Jangan menikah hanya karena kamu sudah berpacaran terlalu lama. Menikahlah karena kamu mengenal pasanganmu. Kamu tahu masa lalu mereka dan kamu tahu harapan dan impiannya. Kamu dapat membayangkan reaksi mereka terhadap hal-hal tertentu. Kamu tahu semua ini dan kamu masih mencintai mereka. Di luar itu, kamu juga memercayai mereka. Kepercayaan sangat penting untuk pernikahan, jadi pastikan kamu dapat mempercayai pasangan sepenuhnya.

4. Tak Ingin Berganti Pasangan

Jangan menikahi pasangan dan berpikir mereka akan berubah. Menikahlah dengan mereka karena kamu mencintai mereka apa adanya. Membuat komitmen besar tidak akan mengubah siapa pun, meskipun itu mungkin membuatmu harus bekerja lebih keras untuk hubungan. Jangan berharap pernikahan juga mengubah hubunganmu. Pernikahan tidak akan menyembuhkan keretakan besar di antara kamu dan pasangan.

5. Mampu Menyelesaikan Konflik Bersama

Jangan hanya menutupi masalah dan berpikir melupakannya akan membuatnya lebih baik. Selesaikan setiap masalah dalam hubungan sehingga tidak akan kecewa nanti. Jangan menikah karena kamu pikir itu akan menyelesaikan masalah, jutru selesaikan dulu masalahnya. Jika kamu tidak dapat mengatasi masalah apa pun, maka kamu dan pasangan tidak akan dapat berkomunikasi secara efektif. Menyelesaikan konflik dan kompromi dalam suatu hubungan akan membuat fondasi yang kuat untuk pernikahan yang sehat.

6. Telah Membuat Rencana Jangka Panjang Bersama

Setelah kamu serius dan memutuskan untuk berkomitmen satu sama lain, kamu perlu membuat rencana. Ketahui apa yang kalian masing-masing inginkan, dan pastikan kamu setuju dengan mengerjakan tujuan dan rencana ini bersama-sama.

7. Keluargamu Menerima Pasanganmu              

Saat kamu baru jatuh cinta, kamu mungkin merasa tidak ada hal lain yang penting. Setelah kamu berkomitmen, kamu menyadari bahwa semuanya penting. Awalnya, kamu mungkin tidak peduli bahwa ayahmu tidak menyetujui pasanganmu. Namun seiring waktu, keretakan kecil ini akan memengaruhi kehidupan dan hubunganmu.

Nah, itu tadi adalah beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kamu siap untuk menikah. Menikah tidak hanya asal sah, tapi juga menyatukan dua keluarga.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading