6 Ciri Perempuan Bermental Kuat dan Cerdas secara Emosional

Febi Anindya Kirana26 Jan 2022, 17:45 WIB
Diperbarui 26 Jan 2022, 17:45 WIB
malam menulis santai

Fimela.com, Jakarta Tidak semua orang memiliki mental yang kuat dan kecerdasan emosional yang tinggi. Seringkali itu berkembang seiring pengalaman hidup yang telah dilalui setiap orang. Tapi jika ingin tahu seperti apa ciri seseorang yang punya mental kuat dan kecerdasan emosional yang tinggi, dilansir dari Inc.com, ini beberapa cirinya.

1. Baik hati

Banyak orang berpikir bahwa orang baik berarti menjadi penurut, mudah diintimidasi, dipaksa mengalah atau selalu bisa menyenangkan orang lain. Tapi bersikap baik adalah ketika kamu mau tidak menutup mata dantelinga saat orang lain membutuhkan, tidak menyebar gosip atau keburukan yang bisa mencelakai orang lain, sopan kepada sesama atau sekadar membantu menahan pintu saat orang lain ingin masuk ke lift yang sama dengannya.

 

2. Tidak merasa paling benar

dewasa tersenyum tenang sabar
ilustrasi perempuan bahagia/Dean Drobot/Shutterstock

Orang yang punya kecerdasan emosional yang kuat dan mental baja tidak butuh pengakuan orang lain atau ingin selalu dianggap benar. Ia mengakui kesalahan jika memang salah, tidak memaksakan pendapat kepada orang lain atau ngotot merasa dirinya paling tahu segalanya. Justru jika ingin selalu merasa dibenarkanlah seseorang tampak tidak percaya diri dengan dirinya sendiri.

3. Mengakui kelemahan diri sendiri

Orang bermental kuat dan cerdas secara emosional mengenali dirinya sendiri dan mengakui kelemahannya. Ketika seseorang bisa menyadari dan menerima kekurangannya, maka akan lebih mudah menjalani hidup yang serba tidak ideal ini. Tidak memaksakan diri menjadi sempurna dan membohongi diri sendiri atau bahkan berpura-pura menjadi orang lain hanya untuk menutupi kekurangan.

4. Punya kesabaran

santai dewasa tenang mandiri
ilustrasi perempuan tersenyum/KaptureHouse/Shutterstock

Seringkali rasa sabar disalahartikan sebagai kurang berambisi atau kurang berusaha. Namun sabar sangat dibutuhkan dan berguna ketika kamu menghadapi masalah. Hanya orang sabar yang bisa bertahan dengan cobaan hidup dan tidak memenuhi hidupnya dengan mengeluh. Umumnya hanya orang sabar yang bermental kuat dan dewasa secara emosional.

5. Meningkatkan kemampuan diri

Hidup ini berjalan terus, dinamis dan berkembang, jadi jika diri ini tidak didorong untuk belajar dan berubah menjadi lebih baik, maka tak ada kebaikan yang bisa datang dalam kehidupan. Berusaha menjadi orang yang lebih baik menunjukkan bahwa kamu ingin membuat perubahan positif dalam hidup.

6. Kalem dan tenang

Orang yang punya mental kuat juga cenderung tidak gegabah, tidak sembrono atau terlalu agresif. Ia biasanya tenang, kalem dan memperhatikan dahulu sebelum bertindak atau mengeluarkan kata-kata. Mampu mengatur emosi adalah ciri dari kekuatan mental. Tetap tenang bukan berarti kamu tak memiliki keberanian untuk membela diri, namun kamu berperilaku dewasa sebelum melakukan apa pun yang mungkin akan merugikan.

Jadi, jika kamu bermental baja dan cerdas secara emosional, sekian ciri itu yang akan kamu rasakan. Sudahkah kamu memiliki sekian tanda di atas, Sahabat Fimela?

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela