5 Hal yang Harus Diingat Setiap Kali Merasa Insecure

Febi Anindya Kirana27 Jan 2022, 18:15 WIB
Diperbarui 27 Jan 2022, 18:15 WIB
perempuan tersenyum berpikir

Fimela.com, Jakarta Tidak ada yang bisa menghapuskan rasa insecure begitu saja dari muka bumi ini, karena umumnya setiap manusia memiliki perasaan atau reaksi alami untuk menginginkan sesuatu lebih lagi tanpa batas kepuasan tertentu. Itulah mengapa insecure seringkali muncul dalam diri seseorang.

Terlepas dari alasan apa yang memicu insecure dalam dirimu, ada baiknya kamu tahu bagaimana caranya mengatasi hal tersebut atau apa saja yang perlu diingat ketika merasa insecure. Jika merasa insecure, ini sekian hal yang perlu diingat.

1. Tidak semua orang puas dengan kehidupannya

Sadari bahwa bukan kamu saya yang tidak puas dengan kehidupanmu, semua orang pasti memiliki ketidakpuasan tersendiri mengenai kehidupannya sekaya apa pun mereka. Apa yang kamu miliki kemungkinan diinginkan orang lain, dan jika ingin membandingkan diri, selalu ketahui bahwa ada banyak hal yang seharusnya bisa kamu syukuri daripada memikirkan apa yang tidak kamu miliki.

2. Tidak semua orang terlahir bahagia

karakter zodiak
ilustrasi perempuan bahagia/copyright by buritora (Shuttertsock)

Jangan mengira semua orang bahagia dan memiliki segalanya hanya karena sering melihat postingan di media sosial. Seringkali itu hanya persona, atau citra diri yang ingin dibangun seseorang agar dilihat orang dengan kesan "baik". Kamu tidak tahu mereka sungguh memiliki kehidupan seperti itu atu tidak.

3. Percaya diri itu butuh belajar

Tidak banyak orang yang terlahir tiba-tiba percaya diri. Setiap orang pasti memiliki perasaan minder atau keraguan dalam dirinya. Itulah mengapa percaya diri itu sebenarnya harus dilatih dan dipelajari. Temukan apa saja kelebihanmu dan apa saja yang banyak dipuji oleh orang lain tentangmu dan kuatkan perasaan itu. Berlatihlah menyukai dirimu sendiri sebelum menyukai orang lain.

4. Kesuksesan memiliki banyak arti

perempuan bahagia mendengarkan musik
ilustrasi santai segar tenang/Venus Angel/Shutterstock

Jangan hanya mengartikan kesukesan sebagai satu definisi dangkal saja, misalnya memiliki harta yang banyak, kaya raya, punya gaji besar atau berhasil dalam peekrjaan. Seringkali setiap orang di dunia ini mengartikan kesuksesan dalam banyak cara. Dirimu tidak tahu apa yang mungkin sangat berarti dan berharga dalam hidup setiap orang.

5. Tantang kekhawatiranmu sendiri

Jangan terjebak dengan pikiran sendiri yang cenderung negatif dan buruk. Seringkali pikiran kita yang paling negatif dan tidak rasional tidak didasarkan pada kenyataan. Jadi jangan mudah percaya dengan persepsimu sendiri. Bisa jadi rasa insecure-mu selama ini hanya pikiran sempitmu saja.

Jadi setiap kali merasa insecure berusahalah mengingat sekian hal di atas agar bisa mengatasi rasa insecure-mu, Sahabat Fimela.

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela