5 Cara Berhenti Merasa Insecure dalam Hubungan Cinta

Febi Anindya Kirana15 Mei 2022, 14:15 WIB
Diperbarui 15 Mei 2022, 14:15 WIB
pasangan pacaran bahagia

Fimela.com, Jakarta Merasa insecure adalah masalah yang pasti dihadapi perempuan mana saja dalam menjalani hubungan cinta. Seringkali itu muncul dari hal kecil dan tumbuh menjadi pikiran negatif. Untuk mencegah perasaan insecure tumbuh subur di dalam pikiran, ini sekian hal yang bisa kamu lakukan agar bisa berhenti merasa insecure.

1. Belajar percaya diri

Bangun kepercayaan diri dalam diri adalah salah satu kunci utama tidak terbebani dengan rasa insecure. Lakukan apa pun yang membuatmu merasa bangga, capai sesuatu yang telah lama kamu impikan dan jadikan tujuan, entah itu menyelesaikan studimu, punya hobi baru, atau sukses dalam pekerjaanmu. Dengan begitu dirimu tak punya alasan untuk meragukan diri sendiri dan mencurigai pasangan tanpa alasan.

2. Sibukkan diri

perempuan dan menyibukkan diri
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/theshotsco

Seringkali perempuan mudah merasa insecure dalam hubungan cinta ketika tidak punya kegiatan yang membuatnya merasa bermanfaat, berguna atau berdaya. Jika berperan sebagai ibu rumah tangga, merasa banggalah karena telah mencurahkan waktu dan kasih sayang untuk mengurus suami dan anak-anak di rumah, jika masih merasa kurang memiliki pencapaian, cobalah bekerja freelance atau mendapatkan pekerjaan sampingan agar tetap sibuk sehingga tidak sempat beprikiran buruk.

3. Berhenti overthinking

perempuan sedih bingung berpikir
ilustrasi perempuan lelah/theshots.co/Shutterstock

Terlalu pemikir dan menganalisis sesuatu akan membuatmu secara alami mengembangkan pikiran buruk dan prasangka yang jauh dari kenyataan yang ada. Setiap kali kamu mendapati diri berpikir, "Aku tidak pantas mendapatkan pria ini," ubahlah dengan pikiran "Aku pantas mendapatkannya dan yang harus aku lakukan adalah membangun hubungan ini menjadi lebih indah." Atau kapan pun kamu merasa minder dan insecure, ingat apa alasan suami menikah dan mencintaimu.

4. Tetapkan beberapa aturan dasar

couple
Ilustrasi/copyrightshutterstock/mentatdgt

Dalam hubungan cinta, sejak awal memang sebaiknya kamu dan pasangan sudah membuat beberapa aturan yang sudah disepakati bersama. Misalnya tentang keluar bersama teman, jam keluar malam, apa yang boleh dan tak boleh dibahas, misalnya tak perlu membahas masa lalu dengan mantan dan lain sebagainya. Tinggalkan masa lalu yang sudah berlalu dan fokus jalani masa sekarang dan merencanakan masa depan.

5. Lebih penyayang

couple
Ilustrasi/copyrightshutterstock/gowithstock

Seringkali karena tidak terbiasa menunjukkan rasa cinta secara terbuka dengan kata-kata maupun sikap yang manis, hubungan cinta jadi hambar dan membosankan. Jangan mendahulukan ego, rasa malu dan takut dianggap cringy karena menjadi lebih penyayang sebab sesungguhnya ungkapan dan sikap lebih penyayang justru mampu mempertahankan rasa cinta yang hangat dan ikatan keintiman yang kuat.

Insecure akan selalu mudah muncul kapan pun, tapi hindari godaan menjatuhkan diri sendiri dan jangan mudah membandingkan hubungan cintamu dengan milik orang lain.

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela