5 Cara Mengatasi Rasa Panik Menjelang Hari Pernikahan

Ayu Puji Lestari20 Mei 2022, 17:15 WIB
Diperbarui 20 Mei 2022, 17:15 WIB
Persiapan Pernikahan

Fimela.com, Jakarta Pernikahan selalu menjadi momen yang tidak terlupkan. Maka tak heran persiapan selalu menyita perhatian. Tenaga dan pikiran terkuras, dan seringkali menimbulkan sedikit konflik. Tak heran, karena pernikahan artinya menyatukan dua keluarga. Artinya ada dua tradisi yang harus disatukan. Maka tak heran benturan kecil kerap terjadi saat menyiapkan pernikahan.

Meskipun sering menyebabkan stres, bukan berarti tak bisa diatasi. Kamu bisa mengatasi rasa panik dan bingung saat akan menikah, dengan cara ini. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Wedding Organizer Memang Membantu tapi Coba Batasi Keterlibatannya

pasangan dan topik tentang uang
Merencanakan pernikahan bersama pasangan./Copyright shutterstock.com/id/g/Makistock

Mungkin kamu menganggap WO membantumu untuk menyelesaikan masalah dan kepanikan menjelang pernikahan. Nyatanya, WO seringkali membuatmu panik. Tenggat deadline yang harus diselesaikan kadang justru membuatmu panik dan tidak leluasa. Jadi, sebaiknya batasi keterlibatan WO untuk mengatur pernikahanmu. Terlalu banyak aturan akan membuatmu stres dan dapat memicu pertengkara n dengan pasangan serta keluarga.

Berikan Jadwal yang Jelas dan Detail

Hal Mendasar Saat Mengelola Uang
Mengatur jadwal persiapan pernikahan yang ketat agar minim drama.(Shutterstock)

Jadwal yang detail adalah salah satu cara mengorganisir pekerjaan dan tugas yang harus dikerjakan. Buat hitungan waktu dan hal yang harus diselesaikan setiap bulannya menuju hari H, misalnya 6 bulan sebelum hari pernikahan kamu harus menentukan tanggal, lokasi pesta resepsi dan menghubungi wedding organizer. Dengan demikian kamu dapat fokus pada hal yang harus diutamakan dan tidak memikirkan urusan lain yang masih dapat dikerjakan beberapa bulan lagi. Dengan adanya timeline yang jelas kamu juga dapat mencatat hal apa saja yang sudah selesai dan mana yang masih harus dikerjakan.

Batasi Bantuan Saudara

Adakalanya keluarga ingin ikut andil dalam persiapan pernikahanmu.Bukan tak senang, namun membatasi keterlibatan keluarga pun akan membantumu terhindar dari stres. Tidak perlu sungkan, katakan dengan sopan jika kamu ingin mempersiapkan pernikahan ini hanya dengan pasangan.

Tak Perlu Gengsi dengan Memaksakan Pesta

cinta bahagia pernikahan
ilustrasi pasangan menikah/TimeImage Production/Shutterstock

Tak banyak orang menyadari jika pesta pernikahan membutuhkan biaya yang banyak. Jika memang kamu dan pasangan hanya sedikit memiliki dana, jangan memaksakan diri. Buat pestamu sesuai dengan kemampuanmu.

Cobalah Fokus dengan Tujuan Pernikahan

Pesta pernikahan memang menyenangkan dan indah, tapi ini bukanlah tolak ukur kualitas hubunganmu nantinya. Tak perlu menghabiskan tenaga dan pikiran untuk persiapan pesta saja, namun kamu juga harus mengingat bahwa pesta pernikahan ini justru adalah awal dari lembaran hidup barumu.

Pernikahan bukan tentang pesta selama satu hingga dua jam saja. Pernikahan adalah tentang komitmen. Jadi, alih-alih terlalu stres dengan persiapan pesta pernikahan simpan energimu untuk yang lainnya. Semoga tips ini bermanfaat.

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela