2 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan saat Membicarakan Keuangan Bersama Pasangan

Ayu Puji Lestari20 Mei 2022, 20:15 WIB
Diperbarui 20 Mei 2022, 20:15 WIB
pasangan dan topik tentang uang

Fimela.com, Jakarta Membicarakan uang sebelum menikah bersama pasangan seringkali dianggap tabu. Padahal meneurut data, masalah ekonomi adalah penyebab kedua perceraian di Indonesia. Tahun 2020 tercatat 291.677 kasus perceraian dan 71,2 ribu kasus penyebabnya adalah masalah ekonomi.

Inilah yang melatar belakangi pentingnya membahas keuangan bersama pasangan. Bagaimana kalian mengelola keuangan dan tentang siapa yang akan bekerja atau harus tingga di rumah. Menyamakan persepsi tentang uang ini sangat penting, jangan sampai hal ini menjadi penyebab perpisahan kalian.

Jika kamu dan pasangan berniat akan menikah, pastikan kamu membicarakan masalah keuangan ini. Agar tidak canggung, Fimela akan membagikan 2 cara untuk memicarakan keuangan bersama pasangan.

Terbuka dengan Masalah Keuangan

Perjuangan Cinta Butuh Uang, Apa yang Harus Dilakukan Agar Bisa Bertahan?
Ilustrasi pasangan muda mengatur keuangan.(Shutterstock)

Terbuka dengan jumlah pendapatan, utang, hingga masalah tanggungan lainnya sangat penting dibicarakan dengan pasangan. Tak terkecuali bagaimana kalian sepakat untuk mengatur keuangan.

Mengapa membicarakan keuangan bersama pasangan sangat penting? Hal ini karena uang adalah power, sehingga ada stigma jika yang memiliki pendapatan tinggi maka akan memiliki pengaruh yang lebih tinggi. Padahal dalam rumah tangga, keterbukaan masalah keuangan akan membantumu untuk terhindar dari konflik pernikahan.

Membangun Kerjasama Bersama Pasangan

Pentingnya Buka-bukaan Soal Keuangan Bersama Pasangan, Ini Cara Merencanakannya!
Terbuka masalah keuangan akan membuatmu kompak bersama pasangan/copyright shutterstock

Terbuka masalah keuangan akan membiasakan kamu untuk selalu bekerjasama dengan pasangan. Menikah bukan lagi tentang tanggungjawab istri atau suami, tapi bersama. Untuk itulah penting untuk kalian selalu kompak, satu visi dan pandangan tentang berbagai hal termasuk masalah uang.

Dalam bekerja sama mengenai keuangan, istri tidak harus selalu memiliki peran untuk mengelola keuangan. Jika memang suami, maka berikan peran tersebut kepada suami. Jadi pastikan kalian dapat bekerja sama dengan baik.

Sahabat Fimela, pernikahan adalah perjalanan panjang. Proses belajar dan mengenal seumur hidup. Jadi pastikan kamu memiliki pandangan yang sama dengan pasangan. Selamat mempersiapkan pernikahan, dan selamat mempersiapkan bekal untuk perjalanan terlama dalam hidup. Cheers.

#WomenForWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela