6 Hal Umum yang Membuat Hubungan Lebih Mudah Putus, Mulai dari LDR Hingga Perselingkuhan

Gayuh Tri Pinjungwati25 Mei 2022, 10:20 WIB
Diperbarui 25 Mei 2022, 10:20 WIB
couple marah

Fimela.com, Jakarta Bisa menjadi hubungan yang membosankan ketika kamu tidak mendapatkan cukup kebahagiaan satu sama lain. Tumbuh menjadi pasangan yang dewasa dan bahagia dimana kamu merasa puas dan percaya diri dalam hubungan itu penting.

Namun, kemudian ada tahap yang tidak menyenangkan seperti rasa bosan dan perpisahan mulai ditakuti. Beberapa orang memiliki alasan putus hubungan dengan pasangannya. Ya, mungkin saja beberapa hal tidak berjalan sesuai dengan harapan berdua yang menyebabkan putus hubungan.

Lalu apa saja alasan sebagian pasangan mengakhiri hubungan? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Memiliki Komunikasi yang Buruk

Masalah komunikasi seringkali menjadi akar penyebab putusnya hubungan. Komunikasi yang sehat menciptakan siklus yang menakjubkan. Pasangan yang bahagia cenderung lebih banyak berkomunikasi, dan pasangan yang berkomunikasi secara teratur meningkatkan kepuasan hubungan.

2. Hubungan Jarak Jauh

5 Tahun LDR Sambil Kerja Keras Bangun Rumah, Nasib Pria Ini Berujung Pilu
Setelah menjalani LDR 5 tahun, pria ini ditinggal pacarnya yang menikah dengan pria lain. (unsplash/ryanfranco).

Mengapa hubungan lebih mudah berakhir? Pasangan dalam hubungan jarak jauh mungkin lebih kecil kemungkinannya untuk bertahan, kata penelitian. Salah satu alasan paling umum mengapa pasangan putus dalam hubungan jarak jauh adalah karena pasangan tidak berusaha untuk bertemu langsung atau membuat rencana untuk masa depan mereka.

3. Tidak Ada Hubungan Emosional

Salah satu alasan paling umum pasangan putus adalah kurangnya hubungan emosional. Keintiman emosional adalah ikatan yang melampaui nafsu fisik dan chemistry. Ini adalah ikatan yang dibangun dari waktu ke waktu melalui pengalaman bersama dan mengenal satu sama lain. Ketika hubungan emosional hilang, suatu hubungan bisa mulai terasa membosankan.

Couple sedih
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Mengapa orang putus dengan orang yang mereka cintai? Terkadang, uang adalah akar dari kesulitan hubungan mereka. Hal ini bisa terjadi karena perbedaan pendapat dalam membelanjakan atau menyimpan uang, menyembunyikan uang, membagi atau menahan uang, atau menyalahgunakan keuangan.

Statistik putusnya hubungan menunjukkan bahwa uang adalah salah satu sumber konflik paling umum bagi pasangan yang sudah menikah. Ketegangan keuangan adalah prediktor umum dari tekanan dan kehancuran perkawinan.

5. Perselingkuhan

Alasan untuk mengakhiri suatu hubungan sering kali berpusat pada perselingkuhan dan kepercayaan yang rusak. Beberapa orang terlibat perselingkuhan karena tidak terpenuhinya kebutuhan dari pasangan atau lainnya.

6. Cemburu yang Berlebihan

Apakah pasanganmu cemburu? Apakah kamu terus-menerus membuktikan keberadaanmu kepada pasangan atau memberi pasanganmu akses ke aplikasi dan percakapan pribadimu untuk menenangkan rasa tidak aman mereka?

Kecemburuan yang berlebihan bisa menjadi luar biasa dan bisa menjadi faktor penyebab putusnya pasangan. Well, dari beberapa penyebab di atas, apakah Sahabat Fimela pernah mengalaminya?

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela