5 Tips Menjadi Pendengar yang Baik untuk Pasangan

Gayuh Tri Pinjungwati27 Mei 2022, 15:35 WIB
Diperbarui 27 Mei 2022, 15:35 WIB
couple

Fimela.com, Jakarta Komunikasi memang merupakan fondasi penting dalam hubungan yang stabil dan sehat, tetapi ada dua elemen komunikasi yang harus berjalan seimbang, yakni berbicara dan mendengarkan. Berbicara adalah elemen umum yang dilakukan setiap orang tetapi kali ini, bagian mendengarkan akan difokuskan.

Banyak orang berbicara tetapi hanya sedikit yang mendengarkan. Tapi apa yang dilakukan seseorang untuk menjadi pendengar yang lebih baik? Jangan khawatir, berikut adalah beberapa tips untuk memastikan kamu bisa menjadi pendengar yang baik bagi pasanganmu. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Dengarkan Lebih Sering

Ingin tahu bagaimana menjadi pendengar yang lebih baik? Kiat nomor satu adalah lebih sering mendengarkan. Mungkin kamu adalah orang yang sering berbicara sehingga lupa cara mendengarkan. Tidak ada salahnya untuk menurunkan harga diri dan memperpanjang kesabaran seseorang cukup lama untuk hanya mendengarkan apa yang pasangan kamu katakan. Setelah kamu melatih diri untuk lebih sering mendengarkan, itu akan datang secara alami ketika kamu berbicara dengan pasanganmu.

2. Komunikasi Berjalan Dua Arah

Seperti disebutkan sebelumnya, komunikasi bukanlah satu arah ketika satu berbicara, yang lain mendengarkan. Peran-peran ini kadang-kadang dipertukarkan. Konflik muncul ketika peran ini tidak dipertukarkan sama sekali dan hanya satu yang berbicara dan hanya satu yang mendengarkan. Ingatlah bahwa kamu harus ingat kapan harus berhenti berbicara. Komunikasi yang baik tidak akan pernah tercapai jika peran-peran ini tidak secara teratur dipertukarkan antara dua orang dalam suatu hubungan.

3. Jangan Menyela

couple marah
Ilustrasi/copyrightshutterstock/metamorworks

Pengingat penting lainnya untuk menjadi pendengar yang lebih baik adalah jangan pernah menyela pembicaraan. Dengarkan apa yang dia katakan dan tunggu sampai orang tersebut selesai berbicara, lalu bagikan pemikiranmu tentang topik tersebut.

Kadang-kadang, orang-orang begitu terlibat dalam subjek sehingga mereka terus memotong pembicaraan orang lain, jika kamu menemukan diri mirip dengan ini, ingatkan diri untuk memegang kendali dan biarkan orang lain mengambil giliran mereka.

4. Lakukan Kontak Mata

Bayangkan berbicara dengan seseorang yang tidak pernah melihatmu atau melihat segala sesuatu selain dirimu. Sebagai pendengar yang baik, penting untuk membuat dan mempertahankan kontak mata. Ini menunjukkan kepada pasangan bahwa kkamu sangat fokus pada materi pelajaran. Kamu tidak perlu menatap mata mereka untuk melakukan ini, cukup tampilan kasual yang sederhana saja. 

5. Tunjukkan Antusiasme

couple
Ilustrasi/copyrightshutterstock/interstid

Tidak pernah baik untuk berbicara dengan seseorang yang menunjukkan bahwa dia jelas-jelas tidak tertarik. Jika kamu ingin menjadi pendengar yang baik, kamu tidak bisa hanya duduk di sana dan melihat pacarmu, kamu harus menunjukkan bahwa kamu antusias. Kamu dapat melakukannya dengan memulai percakapan terlebih dahulu atau mencari cara untuk memperluas percakapan atau dengan mengajukan pertanyaan lanjutan. Tetapi jika seseorang tidak berminat untuk berbicara maka lebih baik memberi diri sendiri ruang dan dengan jelas menunjukkan kepada pasangan bahwa kamu tidak dalam kondisi yang tepat untuk melakukan diskusi yang dapat dipahami.

Menjadi pendengar membutuhkan latihan, jangan hanya berbicara, karena kebutuhan ini cukup diperlukan dalam hubungan apa pun. 

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela