7 Cara Mempertahankan Kehangatan Cinta Meski Sudah Berkeluarga

Febi Anindya Kirana22 Jun 2022, 16:45 WIB
Diperbarui 22 Jun 2022, 16:45 WIB
pasangan bahagia

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu membayangkan akan secinta apa dirimu dengan suami jika sudah menjalani pernikahan selama bertahun-tahun? Akankah itu sama seperti dulu waktu pacaran, atau justru sebaliknya? Terkadang mempertahankan rasa cinta yang kuat kepada pasangan setelah menikah itu menjadi ujian tersendiri dalam rumah tangga. Jika tak yakin apa yang harus dilakukan untuk pertahankan kehangatan cinta setelah menikah, baca sekian hal ini.

1. Tuliskan

Surat Cinta
Ilustrasi Surat Cinta Credit: pexels.com/cottonbro

Jika canggung mengungkapkan lewat kata-kata romantis seperti 'Aku cinta kamu' atau 'aku sayang kamu', maka tuliskanlah pada secarik kertas. Letakkan pada bekal makan siangnya, layar laptop kerjanya atau di bawah cangkir kopi paginya. Tidak ada momen romantis yang bisa muncul jika tidak kamu ciptakan sendiri. Bahkan tanpa mengatakan apa pun, kamu tetap bisa mengungkapkan perasaan terdalam dari hatimu.

2. Ajak kencan

pasangan cinta
ilustrasi pasangan bahagia/copyright by Dragon Images (Shutterstock)

Bisa jadi keromantisan memudar seiring banyaknya urusan yang harus dihadapi di dalam pernikahan, entah itu masalah keuangan, keluarga, pekerjaan dan lain sebagainya sehingga mengikis kebiasaan kencan saat masih pacaran. Tapi sesekali jika ada waktu senggang, coba utarakan ide itu kepada pasangan karena kalian layak saling mendapatkan apresiasi cinta karena telah bekerja keras.

3. Saling perhatian

pasangan bahagia
ilustrasi cinta couple/ShutterOK/Shutterstock

Memberi sikap perhatian adalah salah satu cara paling efektif untuk menunjukkan cinta. Saling berbicaralah dengan nada yang enak didengar, menggunakan kata-kata yang baik, saling mendukung, dan menghargai. Segala hal bisa dibicarakan baik-baik tanpa mengedepankan emosi. Jika tak bisa diajak bicara segera, redam dulu amarah agar tidak saling menyakiti.

4. Bersikap seperti tim

pasangan bahagia
ilustrasi pasangan cinta/copyright by imtmphoto (Shutterstock)

Setelah menikah, kalian adalah tim yang harus menjaga keutuhan, kerukunan dan keharmonisan dalam rumah tangga. Tidak ada tim yang solid tanpa adanya kemauan untuk saling menguatkan dan memperjuangkan cinta. Pernikahan yang sukses hanya mungkin terwujud jika kalian saling membantu, tidak ada yang berusaha sendiri.

5. Taruh minat pada apa yang ia sukai

pasangan cinta
ilustrasi pasangan bahagia/copyright by TimeImage Production (Shutterstock)

Tidak harus mengikuti hobi yang sama dengannya, tapi paling tidak tunjukkan ketertarikan untuk mengenali, mencari tahu atau memahami apa yang dia sukai. Menyukai dan mendukung apa yang pasangan sukai juga termasuk bentuk ungkapan rasa cinta yang tidak berwujud kata-kata.

6. Tunjukkan apresiasi

pasangan cinta
ilustrasi pasangan bahagia/copyright by 1112000 (Shutterstock)

Kerja keras suami yang sudah menghabiskan waktunya untuk bekerja juga perlu diapresiasi. Sekadar mengatakan 'Terima kasih' saat ia memperbaiki laptopmu atau mengganti tabung gas juga bisa menjadi apresiasi yang sederhana. Terkadang bersikap manja-manja tak terduga juga bisa menghibur pasangan yang sedang sedih.

7. Urus dirimu sendiri

pasangan bahagia
ilustrasi pasangan cinta/copyright by Deltah (Shutterstock)

Mengapa mengurus diri sendiri juga bisa menjadi cara mempertahankan kehangatan cinta? Karena pernikahan tidak akan bahagia jika salah satunya tidak merasa bahagia, termasuk jika kamu tak merasa bahagia. Terlalu lelah dengan segala urusan rumah tangga pasti akan membuatmu mudah berpikiran negatif dan mengikis semangatmu. Jadi bahagiakan dirimu sendiri sesekali, ambil cuti untuk istirahat atau rehat dari segala urusan rumah tangga dan melakukan apapun yang kamu suka, demi kewarasanmu sendiri ladies.

Itu dia sekian cara mempertahankan kehangatan cinta meski sudah berkeluarga.

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela