5 Hal yang Dikorbankan dalam Hubungan yang Sehat, Apa Saja?

Gayuh Tri Pinjungwati23 Jun 2022, 18:15 WIB
Diperbarui 23 Jun 2022, 18:15 WIB
couple

Fimela.com, Jakarta Pengorbanan adalah bagian penting dari setiap hubungan yang sehat. Ya, bada begitu banyak hal perlu kita korbankan untuk seseorang yang kita cintai, misalnya saja waktu, di tengah hari yang sibuk tentu kita akan meluangkan sedikit waktu untuk menghubungi pasangan kita untuk mengetahui kabarnya.

Namun, pengorbanan juga perlu dilakukan dua orang untuk menjaga hubungan tetap harmonis. Jika hanya salah satu yang berkorban dan lainnya hanya menerima pengorbanan saja, maka itu bukanlah hubungan yang sehat. Lalu pengorbanan apa saja yang dibutuhkan dalam suatu hubungan? Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Waktu

Ini adalah salah satu yang penting, kita menjadi begitu sibuk dengan kehidupan kita sehingga menghabiskan waktu bersama mungkin bisa sulit dilakukan. Kita tidak hanya harus mengorbankan aktivitas untuk menjaga hubungan tetap kuat, terkadang kita juga harus mengorbankan waktu untuk menemukan keseimbangan.

Secara pribadi, meminta seseorang meluangkan waktu adalah cara mengartikan cinta. Bahkan jika itu hanya catatan singkat untuk menanyakan kabar, kita merasa diperhatikan ketika seseorang melakukan upaya itu.

2. Uang

Keuangan adalah penyebab utama stres dalam hubungan pernikahan. Jika satu orang adalah pemboros dan orang lain adalah penabung, konflik akan muncul. Bagi pasangan, berbagi pendapatan adalah perjalanan baru dan menegangkan yang mungkin tidak mereka persiapkan. Pengorbanan yang terkait dengan keuangan mungkin tidak hanya berarti mengeluarkan uang dari kantong kita, tetapi juga kesediaan untuk berdiskusi masalah sulit dan menyesuaikan kebiasaan belanja kita.

3. Keegoisan

couple
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Akkalak Aiempradit

Setiap kali kita menyadari bahwa kita terlalu memikirkan diri sendiri. Kita sangat mudah fokus dengan kebutuhan, pikiran dan keinginanmu sendiri. Perlu usaha untuk memikirkan orang lain. Dibutuhkan kemauan keras untuk mengutamakan mereka. Namun, ketika kita mencoba kerendahan hati, ketika kita memutuskan bahwa kita tidak perlu memenangkan argumen, atau kita menutup mulut daripada mengatakan sesuatu yang menyakitkan, atau kita membiarkan orang lain berbicara dan hanya mendengarkan, itu hanya akan membuat hubungan kita berkembang menjadi jalan dua arah, bukan jalan satu arah.

4. Energi

Pasangan yang sehat akan mengorbankan energi mereka untuk seseorang yang mereka cintai. Bagi mereka yang LDR tentu ini akan menjadi tantangan tersendiri. Berada jauh dengan pasangan membuatmu ingin selalu bertemu, dan disinilah pengorbanan energi dibutuhkan. Mungkin kamu menemui pasangan ketika puang kerja, yang seharusnya kamu beristirahat, energi itu kamu gunakan untuk menemuinya untuk melepas rindu berdua.

5. Privasi

Beberapa orang mungkin sangat tertutup, namun ketika kamu memprioritaskan hal tersebut akan merugikan hubunganmu saat tumbuh dewasa. Berbagi ruang fisik, emosional dan spiritual membuat kita merasa tidak nyaman. Beberapa orang merasa gagal bahwa kerentanan memiliki banyak manfaat.  Menghadapi pergumulan emosional sendirian jauh lebih sulit daripada jika kamu memiliki orang-orang di sekitar yang mendoakan dan menyemangatimu. Tak perlu ragu untuk berbagi privasi atau kerentanan dengan pasanganmu. Bisa jadi dia akan membantumu dan memberimu semangat untuk menghadapi setiap keraguan atau masalah.

Beberapa hal memang perlu dikorbankan dalam hubungan, namun itu harus berupa sesuatu yan positif untuk hubungan yang sehat. 

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela