5 Cara agar Tidak Mudah Dipermainkan Orang Lain

Endah Wijayanti23 Jun 2022, 10:15 WIB
Diperbarui 23 Jun 2022, 10:15 WIB
perempuan karier

Fimela.com, Jakarta Berinteraksi dengan orang lain atau menjalin hubungan dengan seseorang, kita akan dihadapkan pada berbagai pengalaman baru. Ada yang menyenangkan, tapi ada juga yang tidak menyenangkan. Bahkan hati kita bisa saja dipermainkan oleh orang lain tanpa pernah kita duga sebelumnya.

Saat kita sudah berbuat baik dengan orang lain dan memperlakukan seseorang dengan baik setulus hati, tapi ternyata hati kita dipermainkan, perasaan sedih dan terluka bisa cukup menyiksa. Kita memang tak bisa mengatur respons atau tindakan orang lain terhadap kita, tetapi kita masih bisa mengupayakan sejumlah hal untuk memperkuat hati agar tidak mudah dipermainkan oleh orang lain.

 

 

1. Pahami Inti dari Cinta

mandiri bahagia cerdas bekerja karier idealis
ilustrasi perempuan dewasa/Vilaiporn Chatchawal/Shutterstock

Mengutip buku How to Love, sesuatu baru bisa disebut cinta ketika ada perpaduan tiga hal berikut: menghargai, memahami, dan membantu. Memahami konsep ini akan membantu kita untuk menemukan tujuan yang paling realistis dan damai ketika diterapkan dalam kehidupan nyata. Kita bisa tetap fokus menghargai, memahami, dan membantu orang lain dengan cinta dengan setulus hati kita. Namun, tak perlu memaksakan diri untuk mendapat balasan yang sama sebab saat kita memperlakukan orang lain dengan cinta, pada dasarnya kita sedang memperlakukan diri sendiri dengan cinta yang sama pula.

 

2. Bersikap Tegas

mandiri dewasa bahagia karier kemeja putih rapi
ilustrasi/GP PIXSTOCK/Shutterstock

Kita bisa bersikap tegas terhadap hal-hal yang kita mau dan kita harapkan bisa terjadi. Tegas pula dalam menjaga harga diri kita sendiri. Supaya tidak mudah dipermainkan orang lain, kita perlu memperkuat mental kita dengan berani bersikap tegas. Tunjukkan bahwa kita kuat dan punya kemampuan untuk menjaga diri dengan baik.

3. Meningkatkan Keberanian

bahagia dewasa bekerja karier
ilustrasi perempuan mandiri/Photoroyalty/Shutterstock

Dalam hubungan asmara misalnya, kita merasa hati kita dipermainkan saat orang yang kita sukai tidak membalas perasaan kita. Saat orang yang kita perjuangkan ternyata belum bisa membalas perasaan kita, maka kita perlu berani untuk melepas dan mengikhlaskannya. Tak harus memaksakan diri untuk mempertahankan yang tak perlu digenggam lagi.

 

 

4. Jaga Ekspektasi Diri

tersenyum bekerja karier praktis
ilustrasi perempuan dewasa/Dean Drobot/Shutterstock

Supaya hati kita tidak mudah dipermainkan oleh orang lain, kita perlu menjaga ekspektasi diri kita. Tidak berharap berlebihan pada orang lain. Tidak berharap seseorang yang sudah kita perlakukan dengan baik akan berbuat baik selamanya kepada kita. Ya, kalau dia memang baik maka kita perlu bersyukur. Jika tidak pun, ya sudah mungkin memang dia punya karakter dan pembawaan yang seperti itu.

 

5. Sayangi Diri Sendiri Seutuhnya

bahagia tersenyum minum kopi
ilustrasi/Photoroyalty/Shutterstock

Sayangi dan cintai diri sendiri sepenuhnya. Agar tidak mudah dipermainkan oleh orang lain atau merasa sakit hati, kita perlu memperkuat kemampuan kita untuk menyayangi diri kita sendiri dengan utuh. Sehingga ketika ada orang yang tidak memperlakukan kita dengan baik, kita bisa menguatkan diri kita lebih dulu sebelum menyalahkannya.

Satu hal lagi yang tak kalah penting adalah kita juga perlu memperlakukan orang lain dengan baik dan tidak mempermainkan hatinya. Semoga kita bisa senantiasa terhubung dengan orang-orang baik yang tidak pernah mempermainkan hati kita, ya.

 

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela