5 Hal yang Dimiliki Keluarga Utuh dan Tahan Terhadap Ujian Hidup

Febi Anindya Kirana23 Jun 2022, 12:15 WIB
Diperbarui 23 Jun 2022, 12:15 WIB
waktu bersama keluarga

Fimela.com, Jakarta Tidak ada pernikahan yang mudah meski kalian menikah karena cinta. Bagaimana pun ada banyak hal yang membantu membangun keluarga yang bahagia bersama suami dan anak-anak. Ada banyak hal yang membuat sebuah pernikahan dan keluarga bisa utuh. Ini sekian hal yang membuat pernikahan tidak mudah hancur diterpa ujian.

1. Persahabatan

keluarga
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Nattakorn_Maneerat

Hubungan dengan suami tidak hanya terbatas sebagai pasangan hidup. Hubungan dalam keluarga juga bisa tentang persahabatan yang kuat. Pernikahan dengan cinta mungkin memang akan menciptakan keinginan untuk saling menyayangi, tapi dengan adanya perasaan sebagai sahabat, kamu dan pasangan akan merasa aman, nyaman, sehati dan kompak dalam menjaga pernikahan tersebut. Begitu pula dengan anak-anak, hubungan bagai sahabat akan menguatkan ikatan rasa sayang antara orangtua dengan anak.

2. Kepercayaan

keluarga
ilustrasi keluarga bahagia/copyright by Nattakorn_Maneerat from Shutterstock

Kepercayaan juga menjadi salah satu landasan terciptanya hubungan cinta yang kuat bukan hanya dengan suami tapi juga anak-anak. Menciptakan rasa saling percaya akan membuatmu tidak merasa gelisah atau khawatir pasangan akan mengkhianatimu, begitu pula membangun kepercayaan dengan anak-anak. Anak cenderung akan lebih jujur, menjaga pergaulannya dan tidak bersikap keluar batas jika memiliki rasa saling percaya dengan orangtuanya.

3. Menghormati

couple
Ilustrasi/copyrightshutterstock/takayuki

Saling menghormati adalah sesuatu yang penting bukan hanya untuk membuat semua pihak merasa dihargai dan diperlakukan dengan baik namun juga menciptakan perasaan setara. Saling menghormati dengan pasangan akan menguatkan cinta yang tumbuh dalam pernikahan, sedangkan menghormati pilihan dan keputusan anak akan membuat anak terbuka, jujur apa adanya sekaligus patuh kepada orangtuanya.

4. Kerja sama tim

Asuransi Jiwa Unit Link, Wujud Cinta pada Keluarga di Masa Sekarang dan Mendatang
Ilustrasi keluarga bahagia. (Shutterstock)

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pasangan sehingga muncul banyak pertengkaran dan masalah saat menikah adalah mereka lupa bahwa mereka adalah satu tim yang seharusnya saling membantu, mendukung dan memperjuangkan keberhasilan pernikahan ini bersama. Jika satu sama lain memilih untuk egois dan menuruti keinginannya masing-masing, bubar jalan deh tuh rumah tangga.

5. Canda tawa

Garden Hous, Rumah Modern dan Idaman Terbaru dari Grand Wisata Bekasi
Ilustrasi keluarga bahagia. (Credit: Shutterstock)

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela