Sukses

Relationship

5 Cara agar Hubungan Langgeng dan Makin Bahagia Seiring Waktu Berjalan

Fimela.com, Jakarta Keharmonisan dan keutuhan cinta dalam sebuah hubungan perlu diupayakan. Untuk bisa sama-sama nyaman dan bahagia, ada hal-hal yang senantiasa diusahakan. Supaya hubungan tidak gampang retak atau putus di tengah jalan, kita perlu membekali diri dengan sejumlah pemahaman baru soal cinta dan hubungan.

Ada lima hal atau cara yang bisa dilakukan untuk menjaga keharmonisan dan keutuhan hubungan. Dengan mengupayakan hal-hal ini, kita bisa memupuk lebih banyak kebahagiaan dalam hubungan kita. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

1. Miliki Selera Humor

Melansir laman timesofindia.indiatimes.com, sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di University of Kansas menemukan bahwa selera humor yang diciptakan pasangan bersama-sama sangat berkaitan erat dengan kepuasan hubungan. Tawa bisa membantu pasangan melewati masa-masa stres atau penuh tekanan. Jadi, penting bagi pasangan untuk bisa tertawa bersama dan bercanda untuk menjaga keutuhan hubungan dan menciptakan kebahagiaan bersama.

2. Meningkatkan Kemampuan Mengendalikan Diri

Melansir laman inc.com, agar hubungan pernikahan bisa bahagia selalu dan langgeng, kunci yang perlu diperhatikan adalah kemampuan mengendalikan diri. Kedua pasangan harus mampu mengendalikan diri agar tidak emosi, tidak mudah menuntut pasangan dan tidak tergoda untuk berkhianat pada pasangan. Saat kita dan pasngan memiliki kemampuan pengendalian diri yang baik, hubungan bisa lebih bahagia dan langgeng.

 

3. Lebih Jujur dalam Menyampaikan Isi Hati

Menunjukkan kerapuhan bukan berarti lemah. Justru ketika kita bisa lebih jujur mengutarakan isi hati dan perasaan dengan pasangan, hubungan bisa terasa makin dekat dan hangat. Melansir laman ravishly.com, kerapuhan kita sebenarnya adalah berkah sebab itu bisa membuat pasangan kita juga mau menunjukkan sisi rapuhnya. Saat kita tak lagi takut memperlihatkan sisi lemah kita pada pasangan, pasangan pun bakal tak ragu untuk memperlihatkan sisi lemahnya.

4. Bisa Saling Memaafkan untuk Memperbaiki Situasi

Saling memaafkan satu sama lain. Sekaligus berkomitmen untuk saling memperbaiki diri dan mengingatkan untuk bisa jadi pribadi yang lebih dewasa dalam hubungan. Itu bisa bantu menjaga keutuhan dan kelanggengan hubungan. Selama setiap maaf dibarengi dengan kemampuan dan upaya untuk memperbaiki situasi yang ada, hubungan bisa makin kuat. Tak perlu menuruti rasa egois menjadi yang paling benar sendiri.

 

 

5. Menjaga Empati

Kadang yang membuat sebuah hubungan berakhir adalah karena tidak ada lagi rasa saling peduli. Penting untuk menjaga empati dan kepedulian untuk menjaga keutuhan hubungan. Saling berempati dengan perasaan masing-masing. Saling mendengarkan kebutuhan masing-masing. Lebih peduli di setiap kesempatan. Berusaha untuk bisa selalu jadi pendengar yang baik di setiap obrolan. Semua itu bisa dilakukan demi menjaga keharmonisan cinta.

Untuk menjaga keutuhan dan keharmonisan memang perlu upaya dan usaha sendiri. Semoga hubungan yang sedang dijalin saat ini bisa senantiasa langgeng, ya.

 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading