7 Tanda Kamu Menjalani Cinta dengan Pria Tidak Dewasa

Febi Anindya Kirana21 Jul 2022, 16:45 WIB
Diperbarui 21 Jul 2022, 16:45 WIB
couple marah

Fimela.com, Jakarta Tidak semua orang yang menjalani hubungan percintaan memiliki pasangan yang level kedewasaannya sama. Seringkali, banyak masalah atau konflik muncul karena kedewasaan setiap orang berbeda-beda. Jika kamu ingin tahu apakah kamu sedang menjalani cinta dengan pria yang belum dewasa, coba cek sekian tanda berikut ini.

1. Tidak bisa menerima kesalahannya

couple marah
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Salah satu tanda bahwa seorang pria tidak dewasa adalah dia tidak bisa menerima bahwa dirinya salah. Orang yang tidak sadar akan kesalahannya akan selalu merasa dirinya benar dan ingin menang sendiri. Sedangkan salah satu hal utama yang mampu menciptakan keharmonisan hubungan cinta adalah kemampuan menyadari kesalahan, kemauan meminta maaf dan keinginan untuk memperbaiki diri.

2. Tidak sadar tindakannya memiliki konsekuensi

couple marah
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Pormezz

Tanda pria tidak dewasa adalah tidak mengerti tanggung jawab. Orang seperti ini tidak menyadari bahwa setiap tindakan dan ucapannya memiliki konsekuensi, bisa saja menyakiti orang lain atau bahkan mencelakai dirinya sendiri. Ketika sesuatu yang buruk menimpanya, ia justru menyalahkan orang lain. Orang yang belum dewasa secara emosional hanya akan peduli dengan kebutuhan dan keinginannya sendiri. Ia kurang empati dan suka mementingkan diri sendiri.

3. Sering sekali bertengkar

couple marah
Ilustrasi/copyrightshutterstock/takayuki

Hubungan cinta seharusnya mendatangkan ketenangan dan kedamaian hati karena ada pasangan yang mampu memahami pikiran dan kepribadian kita. Tapi jika yang kamu dapatkan justru sering bertengkar dan mempermasalahkan hal-hal sepele yang dibesar-besarkan, tanda dia pria yang tidak dewasa. Dia tidak tahu mengenai perdebatan yang adil, yang ia inginkan hanyalah mempertahankan argumennya, bukannya belajar memahami sudut pandang pasangannya.

4. Dia ingin mengontrol segalanya

couple
Ilustrasi/copyrightshutterstock/TimeImage Production

Tanda lain pria tidak dewasa adalah ingin mengendalikan segalanya. Ia seakan berkata dirinyalah yang berkuasa dan berhak mengarahkan hubungan yang kalian jalani. Awalnya mungkin kamu akan berusaha berkompromi dan menunjukkan toleransi. Tapi semakin kamu menuruti tuntutannya, semakin semena-seman dirinya. Bahkan silent treatment atau marah dalam diam juga menjadi tanda tidak adanya kedewasaan padanya karena sebenarnya ia mencoba untuk mengendalikan perasaanmu.

5. Selalu menginginkan perhatian

couple marah
Ilustrasi/copyrightshutterstock/zhang tianle

Salah satu tanda lain yang menunjukkan ketidakdewasaan seseorang adalah selalu menuntut diberikan perhatian penuh. Baginya, ketika mendapatkan banyak perhatian maka itu makin meningkatkan harga dirinya. Ia merasa dirinya dibutuhkan dan diinginkan. Padahal kamu memiliki kehidupan pribadi dan kepentingan lainnya untuk dijalani. Orang yang dewasa akan menghargai waktu pribadi pasangannya dan tidak akan bergantung padanya selama 24 jam penuh setiap harinya.

6. Tidak bisa menerima kritik dan saran

couple marah
Ilustrasi/copyrightshutterstock/ By Nuamfolio

Pria yang tidak dewasa secara emosional adalah ketika dia tidak bisa menerima koreksi dari orang lain dan berpikir dirinya selalu benar. Orang macam ini akan menolak semua kritikan dan saran karena ia merasa dijatuhkan dan tidak dihargai ketika kita mencoba menunjukkan apa yang harus diperbaiki dari sikapnya. Ia menolak menerima pendapat orang lain, dan karena itu juga ia akan kesulitan menerima dan memahami pikiran orang lain.

7. Gampang cemburu

couple marah
Ilustrasi/copyrightshutterstock/giggsy25

Kita semua terkadang cemburu, karena itu adalah salah satu tanda cinta. Tapi bukan berarti perasaan cemburu itu bisa ditunjukkan secara berlebihan, apalagi sampai mempermasalahkan hal-hal sepele yang sebenarnya bukan ranah dia untuk menaruh rasa cemburu. Selain belum dewasa, seringkali ini muncul karena ia tidak percaya diri. Jika ada kepercayaan yang dipupuk dan dipahami bersama, maka kalian pasti akan mengetahui batasan seperti apa boleh cemburu dan tidak perlu cemburu.

Itu dia sekian tanda kamu menjalani cinta dengan pria yang tidak dewasa.

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela