5 Penyebab Hubungan yang Tidak Harmonis yang Bikin Salah Paham

Vania Al kautsar28 Jul 2022, 15:00 WIB
Diperbarui 28 Jul 2022, 15:00 WIB
pasangan bertengkar

Fimela.com, Jakarta Setiap masalah yang terjadi pada hubungan seseorang terkadang akan membuat mereka memperdebatkan sesuatu yang mereka sukai atau tidak. Masalah dalam sebuah hubungan terkadang akan sangat wajar dan dapat membuat hubungan berada diposisi yang sehat.

Setiap dua orang dalam hubungan tentu memiliki isi kepala yang berbeda dan emosi yang sangat bervariasi, terkadang dapat meledak sewaktu-waktu. Masalah satu ini bukan tentang konflik antar pasangan, tetapi bagaimana cara mereka menghadapi masalah yang menghadang.

Adanya masalah yang terjadi tentu akan menghilangkan keharmonisan dalam hubungan, hal inilah yang terkadang membuat seseorang ingin mengakhiri hubungan. Berikut beberapa penyebab yang membuat hubungan tidak harmonis lagi:

1. Selalu Menyalahkan

pasangan bertengkar
ilustrasi pasangan marah/photo created by wayhomestudio - www.freepik.com

Sangat mudah bagi kita untuk menyalahkan seseorang meskipun belum diketahui kebenarannya, terkadang menyalahkan keadaan bukanlah hal yang tepat dan membuat kita terus menerus menyalahkan pasangan. Salah satu hal yang membuat hubungan tidak harmonis adalah terlalu sering menyalahkan masalah kecil atau membuat masalah kecil menjadi besar.

2. Terlalu Mengontrol

pasangan bertengkar
ilustrasi putus cinta/garetsworkshop/Shutterstock

Mengontrol orang lain ternyata dapat membuat hubungan menjadi toxic dan berakhir tidak baik, wajar bagi seseorang membutuhkan kebebasan dalam suatu hubungan. Jika kamu terlalu mengontrol pasanganmu terkadang akan membuatnya mencari kebebasan tersendiri, hal inilah yang membuat suatu hubungan tidak harmonis.

3. Menganggap yang Terburuk daripada Melihat yang Baik

selingkuh bertengkar curiga
ilustrasi pasangan cinta/TORWAISTUDIO/Shutterstock

Terkadang ada beberapa orang yang menerapkan dan menganggap bahwa pasangannya terus menerus datang terlambat dan termasuk hal yang tidak sopan. Jika kamu selalu menilai satu sisi keburukan dari pasanganmu maka akan membuat keharmonisan hubungan mulai luntur, sangat penting jika dalam suatu hubungan kamu harus fokus pada hal yang baik daripada yang buruk.

4. Melebih-lebihkan Keadaan

pasangan putus
ilustrasi pasangan bertengkar/photo created by drobotdean - www.freepik.com

Melebih-lebihkan suatu hal tentu tidak baik, seperti halnya ketika pasanganmu salah kamu berusaha untuk membuat dia merasa sangat bersalah dan terus menerus melebih-lebihkan suatu hal yang tidak baik. Melebih-lebihkan suatu hal dalam keadaan apapun tentu dapat membuat suatu hubungan tidak harmonis.

5. Berbohong

pasangan bertengkar tidak akur
ilustrasi cemburu bertengkar/Dragana Gordic/Shutterstock

Apakah kamu sedang berusaha menutupi sesuatu dari pasanganmu? Seseorang yang berusaha menutupi sesuatu dari pasangannya terkadang suatu saat akan terlihat. Kebohongan yang ditutupi dari pasangan ketika terbongkar maka akan membuat suatu hubungan menjadi tidak harmonis lagi karena kehilangan kepercayaan.

Setiap hubungan tentu akan menghadapi berbagai masalah yang membuat seseorang bertengkar, selain itu masalah yang terjadi dalam sebuah hubungan akan membuat pasangan tidak nyaman dan berujung ketidakharmonisan. Untuk itulah mengapa sebauh hubungan akan diuji dengan berbagai masalah yang membuat mereka harus bertahan atau pisah.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela