Sukses

Relationship

Merasa Takut Jatuh Cinta? Ini 4 Tips Mengatasi Philophobia

Fimela.com, Jakarta Philophobia adalah ketakutan akan jatuh cinta. Ini digambarkan sebagai perasaan teror bahwa kamu tidak akan bisa menjalin hubungan atau cinta. Philophobia bahkan bisa membuat orang merasa terisolasi dan ditinggalkan. Mulai dari pengalaman pahit di masa lalu hingga ketakutan yang ekstrem akan penolakan, mungkin ada beragam penyebab kondisi ini.

Banyak orang menderita kecemasan, peningkatan pernapasan dan detak jantung yang cepat saat setelah mereka mendengar kata hubungan. Sedikit rasa takut dalam hal cinta umumnya dianggap baik-baik saja karena banyak yang mengalaminya sesekali tetapi jika itu menyebabkan kamu mengalami kecemasan yang signifikan, maka berikut adalah 4 cara untuk mengatasi takut jatuh cinta. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Membuka Diri

Pastikan untuk memperhatikan mengapa kamu merasa seperti itu. Ajukan pertanyaan kepada diri sendiri untuk mengidentifikasi akar ketakutan ini. Kamu pasti telah menghindari hal ini untuk waktu yang lama tetapi ini jelas tentang kehidupan dan mengabaikan pertanyaan-pertanyaan kasar itu hanya akan menghambat hidupmu dan hubungan yang akan datang.

Mencoba Memahami Perasaanmu

Setelah kamu mengetahui alasan ketakutanmu, biarkan dirimu merasakan perasaan itu secara intens tanpa gangguan apa pun. Kamu jelas tidak bisa melupakan keraguanmu sekaligus, tetapi memahami dan merasakan emosi adalah kebaikan bagi diri dirimu sendiri. Ketika berbicara tentang cinta, selalu ada ketakutan, risiko, dan ketidakpastian dan kamu tidak sendirian. Pastikan kamu berbicara dengan orang terdekat dan tersayang untuk menghilangkan perasaan sedih, perselingkuhan, atau kekecewaan.

Jangan Terlalu Keras Pada Diri Sendiri

Saat memiliki ketakutan ini, mungkin sangat sulit untuk membuka diri dengan seseorang. Untuk menghindari menyakiti diri sendiri pastikan bahwa kamu mencoba untuk mendapatkan rasa sentuhan emosional terhadap cinta. Terbukalah pada orang-orang yang menurutmu dapat membantumu, tetapi jangan pernah menyimpan perasaanmu sendiri karena ini hanya akan memperburuk lukamu.

Yaknlah Dengan Kenyataan Bahwa Itu Akan Memakan Waktu

Mengucapkan kata perpisahan pada ketakutanmu akan cinta atau berada dalam suatu hubungan bukanlah hal yang bisa dilakukan dalam semalam. Selain itu, jangan pernah masuk ke dalam kehidupan seseorang secara mendalam segera setelah kamu merasakan romansanya. Lakukan sesuatu secara perlahan, beri dirimu cukup waktu untuk menyembuhkan, melupakan, dan memproses perasaanmu.

Tenangkan dirimu dan selalu mulai dengan mengatasi akar penyebab di balik philophobia untuk sembuh secara efektif. Jangan lupa untuk mencari bantuan dari orang-orang terdekatmu kapan pun diperlukan.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading