5 Fobia yang Membuatmu Sulit Memulai Hubungan Cinta

Febi Anindya Kirana02 Agu 2022, 16:15 WIB
Diperbarui 02 Agu 2022, 16:15 WIB
single

Fimela.com, Jakarta Tidak semua manusia memiliki fobia. Fobia sendiri merupakan suatu kondisi yang terkait dengan kecemasan dan ketakutan akan sesuatu. Dalam hal cinta, kamu juga bisa mengalami berbagai macam fobia sehingga menyulitkanmu untuk memulai hubungan cinta. Ini beberapa fobia yang membuat banyak orang kesulitan menjalin hubungan cinta.

1. Philophobia (Takut jatuh cinta)

Single
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Halfbottle

Philophobia adalah ketakutan untuk jatuh cinta. Ini adalah salah satu fobia cinta paling unik yang pernah ada sekaligus paling mengkhawatirkan karena pada dasarnya manusia membutuhkan cinta dan kasih sayang. Jika seseorang merasa keterikatan secara emosional dan keintiman adalah sesuatu yang membuatnya takut dan ingin dihindari, bisa jadi ia mengalami fobia ini.

2. Pistanthrophobia (Takut disakiti dalam hubungan cinta)

perempuan sedih
Ilustrasi/copyright shutterstock/wavebreakmedia

Pistanthrophobia adalah ketakutan akan disakiti atau dilukai oleh pasangan, baik secara fisik maupun perasaan. Ini merupakan salah satu fobia yang cukup umum dialami orang luar sana tetapi seringkali bisa diatasi secara perlahan. Jika seseorang merasa bahwa cinta akan selalu menyebabkan patah hati, penting untuk dipahami bahwa ini bisa menjadi gangguan kecemasan yang mengarah ke irasional. Ini bisa dipicu oleh trauma masa lalu atau hal lain.

3. Gamophobia (Takut menikahi seseorang)

Single
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Blue Titan

Gamophobia adalah salah satu jenis fobia cinta yang unik karena seseorang merasa ketakutan ketika berpikir harus menikahi seseorang. Ada banyak alasan yang membuat orang takut menikah, salah satunya yang paling kuat adalah kehilangan kebebasan, jati diri atau kemandirian secara individual. Ketakutan menikah ini juga bisa membuat orang yang mengalaminya sulit berkomitmen pada pasangannya. Salah satu tanda yang sering ditemukan adalah sulitnya terbuka pada orang ain terutama pasangan.

4. Arrhenphobia (Takut terhadap laki-laki)

single
ilustrasi/copyrightshutterstock/atiger

Untuk para perempuan, bisa jadi fobia ini mencegahmu memulai hubungan cinta dengan pria karena Arrhenphobia adalah fobia atau ketakutan terhadap laki-laki. Tentu kamu tidak akan bisa mencintai laki-laki jika takut pada mereka. Fobia spesifik gender ini juga bisa dialami pria, yaitu fobia terhadap perempuan yang disebut dengan Venustraphobia. Fobia ini dapat dipicu oleh pengalaman menyakitkan dalam hubungan masa lalu.

5. Chiraptaphobia (Takut disentuh)

Single
Ilustrasi/copyrightshutterstock/maroke

Fobia cinta lainnya yang juga mencegah seseorang untuk menjalani hubungan cinta adalah Chiraptaphobia atau takut disentuh. Sentuhan adalah salah satu ungkapan cinta dalam suatu hubungan. Jika seseorang takut disentuh, bagaimana mau jatuh cinta? Bahkan sentuhan fisik seperti belaian lembut di kepala mungkin terasa seperti siksaan bagi penderita fobia ini.

Jika kamu mengalami sekian fobia di atas, pastikan mencari cara untuk mengatasinya ya Sahabat Fimela.

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela