5 Bukti Ada Cinta yang Sehat dalam Hubunganmu

Endah Wijayanti05 Agu 2022, 08:15 WIB
Diperbarui 05 Agu 2022, 08:15 WIB
pasangan berjalan kencan

Fimela.com, Jakarta Salah satu cara untuk membangun hubungan yang kuat dan langgeng adalah adanya cinta yang sehat. Hubungan sehat secara umum dapat didefinisikan sebagai hubugan didasari rasa percaya, saling peduli, dan mengerti satu sama lain. Kalau sudah ada cinta yang sehat, hubungan diyakini akan bertahan lama.

Berikut ini lama tanda umum atau bukti adanya cinta yang sehat dalam sebuah hubungan. Kalau dalam hubunganmu sudah ada aspek-aspek berikut ini, maka kamu bisa lebih optimis bakal memiliki hubungan yang kokoh. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Tidak Pernah Ada Kekerasan

seribu cinta dan kecocokan pasangan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Dragon+Images

Kamu dan pasangan bisa mengatur ego dan emosi dengan dewasa. Tak pernah ada kekerasan fisik dan verbal yang terjadi. Saat ada masalah, bisa sama-sama berpikir jernih mencari jalan keluar terbaik. Kalau dalam sebuah hubungan ada kekerasan, maka mempertahankannya akan makin menyulitkan hidup kita sendiri.

 

 

2. Ada Komunikasi yang Terbuka

seribu cinta dan satu dekade
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Gumpanat

Hubungan yang sehat perlu memiliki dasar komunikasi yang jujur dan terbuka. Sebab kalau tiap ada masalah, hanya saling mendiamkan, yang terjadi kemudian bisa menghadirkan bom waktu yang dapat menghancurkan kehidupan masing-masing. Komunikasi yang terbuka juga jadi landasan untuk membangun sikap saling percaya.

 

 

3. Ada Visi yang Sama

seribu cinta dan tepat waktu
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Meogia

Saat sudah ada komitmen untuk mencapai sebuah tujuan bersama, hubungan bisa berjalan dengan lebih kuat. Punya visi yang selaras menjadi salah satu bukti cinta yang sehat, sebab dalam perjalanannya akan saling berusaha dan bekerja keras mencapainya bersama. Walau ada perbedaan, kesamaan visi menjadi semacam panduan untuk senantiasa berjuang bersama.

 

 

4. Ada Rasa Saling Percaya

seribu cinta dan mencintai sahabat
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/vichie81

Ini juga masih berkaitan dengan komunikasi yang terbuka. Saat sudah ada rasa saling percaya, hubungan bisa menghadirkan kenyamanan tersendiri. Tanpa rasa saling percaya, kamu dan pasangan sangat rentan terjebak dalam pertengkaran yang saling menyalahkan satu sama lain.

 

 

5. Ada Sikap Saling Menghargai

seribu cinta dan pengendalian diri
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/topnatthapon

Dalam hubungan yang sehat dan langgeng, pasangan akan saling menghargai pribadi masing-masing. Melansir laman mindbodygreen.com, respek adalah salah satu karakteristik penting dari sebuah hubungan yang sehat. Bisa saling menghargai cara berpikir hingga impian yang ingin dicapai menjadi bukti adanya cinta yang sehat dalam hubungan.

Semoga kita bisa memiliki hubungan sehat dan bahagia, ya. Walau tak selalu mudah, tetapi setiap upaya yang dilakukan untuk menjaga keutuhan hubungan jelas patut diapresiasi.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela