13 Cara Kuatkan Diri ketika Tak Bisa Bersama Orang yang Diinginkan

Endah Wijayanti08 Sep 2022, 13:15 WIB
Diperbarui 08 Sep 2022, 13:15 WIB
perempuan dan cinta pertama 2

Fimela.com, Jakarta Mengalami cinta sepihak, cinta bertepuk sebelah tangan, atau cinta yang tak berbalas memang menyakitkan. Saat belum bisa bersama orang yang kita sukai atau inginkan, rasanya kita bisa kehilangan harapan untuk melanjutkan hidup. Akan tetapi, hidupmu masih berharga dan tetap layak untuk diperjuangkan kembali.

Meski belum bisa bersama orang yang diinginkan, kita masih bisa berusaha untuk jalani hidup dengan lebih kuat lagi. Berikut ini 13 cara yang bisa dicoba untuk bisa move on.

 

 

1. Relakan Dia yang Bukan Untukmu

perempuan dan cinta pertama 1
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/JR-50

Tak bisa kita terus menggenggam seseorang yang memang bukan milik kita. Relakan dan lepaskan perasaan yang ada. Tak perlu menyalahkan siapa pun atau situasi apa pun. Kalau memang bukan jodoh, maka tak bisa terus memaksakan keadaan.

 

 

2. Bahagiakan Diri Sendiri dengan Cara Ternyaman

perempuan dan cinta pertama
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/JR-50

Daripada terus merasa sedih karena belum bisa bersama orang yang diinginkan, ada baiknya untuk melakukan hal lain yang lebih menyenangkan. Bersedih secukupnya saja agar hati lebih ringan. Setelah itu, rawat diri lebih baik lagi. Senangkan dan bahagiakan diri sendiri. Lakukan hal yang disukai dan bisa membuat hati lebih nyaman lagi.

 

 

3. Kuatkan Batin dengan Doa dan Harapan

perempuan bahagia mencintai diri sendiri
ilustrasi ceria tertawa/theshots.co/Shutterstock

Mengutip buku Ada Nama yang Abadi di Hati tapi Tak Bisa Dinikahi, "Ketika doa dan takdir bertarung di langit, kupasrahkan segala hanya pada Sang Penguasa Langit." Saat pada akhirnya belum bisa bersama seseorang yang diinginkan atau diharapkan, perkuat lagi doa dan harapan baik. Dengan begitu, kita bisa bertahan melewati masa sulit dan pulih dari rasa sedih.

 

4. Yakinkan Diri bahwa Dirimu Pantas Dicintai

perempuan putus cinta
ilustrasi perempuan sedih/photo created by tawatchai07 - www.freepik.com

Tak bisa bersama seseorang yang diinginkan bukan berarti dirimu tak layak dicintai. Justru, kamu perlu memperkuat keyakinan bahwa ada seseorang yang lebih baik untukmu. Cintai diri sendiri lebih dulu. Mengutip buku How to Respect Myself, "tahu bahwa diri pantas dicintai" adalah konstruksi dasar agar cinta dapat terus berjalan. Walau tak bisa dicintai oleh orang yang kamu inginkan, kamu masih bisa menghadirkan cinta untuk diri sendiri lebih banyak lagi melalui caramu memperlakukan diri sendiri dan menjaga kedekatan dengan orang-orang yang selama ini selalu ada untukmu.

5. Tingkatkan Apresiasi untuk Diri Sendiri

cantik kalem cinta
ilustrasi perempuan baik membawa bunga/Pumidol/Shutterstock

Saat kita mencintai seseorang, kita ingin memberikan hadiah terbaik untuknya. Kali ini, alih-alih memberi hadiah untuk orang lain, cobalah untuk menghadiahi diri sendiri. Apresiasi dirimu sendiri yang sudah melakukan semua yang terbaik dalam memperjuangkan cinta. Tak bisa bersama orang yang diinginkan bukan akhir dari segalanya sebab ini baru awal mula dari fase hidup yang baru untuk dijalani.

6. Meluangkan Waktu untuk Diri Sendiri

karakter zodiak
ilustrasi perempuan bekerja/Photo by Polina Zimmerman from Pexels

Ketika sedang merasa sangat jatuh cinta, tentu kita akan membuat sebuah perubahan kecil mulai dari penampilan hingga kepribadian diri. Ketika mencintai seseorang yang tidak menginginkan kita terkadang akan membuat frustasi hingga stress. Mulai dari sekarang pikirkan perubahan apa yang dapat meranah ke hal positif dalam diri.

7. Menetapkan Beberapa Batasan

tegas mandiri dewasa angkuh
ilustrasi perempuan bekerja/Dean Drobot/Shutterstock

Jika kamu ingin berusaha untuk melupakan seseorang, maka langkah yang perlu kamu lakukan adalah batasan kontak untuk tidak menghubunginya. Hati dan pikiran tidak dapat pindah jika terus memikirkan seseorang yang dicintai, terkadang kita membutuhkan jarak untuk mengatasi keterikatan dengan pasangan.

8. Membuang dan Berhenti Melamun

Melamun - Vania
Ilustrasi Melamun/https://www.shutterstock.com/Prostock-studio

Saat melamun terkadang kita akan memikirkan hal yang selalu kita impikan, bahkan dengan seseorang yang dicintai. Terkadang melamun akan membuat seseorang merasakan bahwa hal itu terasa sangat nyata dan meyakinkan dalam pikiran sehingga hal tersebut dapat dipercaya dan menjadi kenyataan. Mulai sekarang berhentilan untuk melamun dan membuat semua pikiran tentang seseorang yang benar-benar tidak memikirkanmu.

9. Mencoba untuk Memperhatikan Diri Sendiri

perempuan cantik
ilustrasi perempuan bahagia/Farknot Architect/Shutterstock

Cinta merupakan salah satu emosi yang terkuat, terutama saat seseornag sedang dimabuk cinta dengan orang lain. Terkadang kita akan selalu mengisi semua pikiran dengan seseorang yang dicintai, sehingga tidak peduli dengan apa yang dilakukan. Semua cinta akan menjadi sia-sia jika tidak bersama dengan seseorang yang dicintai, hal inilah menyadarkan bahwa diri sendiri adalah hal yang paling penting dan harus diperhatikan.

10. Harus Mencoba Membuat Perubahan

cantik bahagia kulit halus baju kuning
ilustrasi perempuan tersenyum/metamorworks/Shutterstock

Jika kamu merasakan adanya kesengsaraan saat jatuh cinta, maka ingatlah salah satu orang yang dapat membuatmu keluar dari zona tersebut adalah dirimu. Jika kamu menginginkan segala sesuatunya berubah dan berhenti mencintai seseorang, maka yang harus memutuskan untuk membuat perubahan adalah diri sendiri.

11. Jika Mereka Orang yang Tepat Untukmu Maka akan Selalu Bersamamu

perempuan sedih bingung
ilustrasi kepribadian perempuan/Twinsterphoto/Shutterstock

Ingat bahwa seseorang yang tepat akan selau ada disisimu, jika kamu tidak ditakdirkan untuk bersama orang ini maka ambilah kesempatan untuk memperluas wawasan, lebih mencintai diri sendiri, dan fokus dengan adap yang dimiliki oleh diri. Hubungan tidak dimaksudkan untuk berada di satu sisi saja, percayalah jika bukan waktu yang tepat atau orang yang tepat maka biarkan ia pergi.

12. Membuka Pikiran untuk Seseorang yang Baru

perempuan sedih
ilustrasi perempuan yang sedih/copyright freepik.com/jcomp

Akan sangat sulit memang jika tidak bersama dengan seseorang diingkan, akan tetapi mungkin untuk saat ini seseorang yang kamu cintai akan tampak seperti satu-satunya dihidupmu. Pengalaman tentang cinta mungkin hanya terbatas dengan apa yang ada dihadapnmu saja, cobalah bertemu dengan orang baru maka kamu akan menemukan sosok cinta yang baru.

13. Ketahuilah Bahwa Kamu Sudah Cukup

patah hati
ilustrasi perempuan sedih/photo created by jcomp - www.freepik.com

Hanya karena berfikir seseorang itu tepat untukmu, bukan berarti sosok tersebut memang tepat untuk mereka. Cinta yang tak terbalas mungkin akan sangat sulit untuk dijalani bahkan akan lebih sulit untuk dipahami. Terkadang kita tidak punya kontrol untuk menahan perasaan orang lain dan hanya karena bukan kita seseorang yang tepat untuk mereka.

Semoga ke depannya kamu bisa menemukan cinta dan kebahagiaan yang lebih baik, ya. Terima kasih sudah bertahan hingga saat ini.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela