Sukses

Relationship

7 Tips Move On saat Masih Mencintai Mantan Kekasih

Fimela.com, Jakarta Melepaskan seseorang yang masih kita cintai memang sulit untuk dilakukan. Sahabat Fimela tidak dapat membayangkan menjalani hidup tanpa orang yang kamu cintai. Inilah sebabnya mengapa ada orang yang patah hati sering mengalami hari buruk, merasa depresi dan kesepian.

Meski masih mencintai dan hubungan telah berakhir, sudah saatnya kamu untuk move on dan melanjutkan hidup. Lalu bagaimana cara move on saat kamu masih mencintai mantanmu? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini. 

1. Lakukan yang terbaik untuk memperjuangkan cintamu

Jika kamu mencintai orang itu, maka perjuangkan dia sekuat mungkin, sampai kamu lelah berjuang. Jika kamu benar-benar mencintai orang tersebut, jangan langsung menyerah padanya. Tidak peduli seberapa bodoh kelihatannya, perjuangkan cintamu. Kamu mungkin gagal mendapatkannya kembali, tetapi setidaknya kamu tahu bahwa kamu telah melakukan yang terbaik untuk menyelamatkan hubunganmu. Ini akan membantumu menghindari penyesalan di masa depan.

2. Terimalah bahwa dia telah pergi

Jika memperjuangkan mantanmu tidak membuatnya kembali, kamu harus melanjutkan ke langkah berikutnya yakni penerimaan. Karena tidak ada yang dapat kamu lakukan untuk memulihkan hubungan, kamu harus menerima kenyataan bahwa semuanya sudah berakhir. Menyangkal fakta ini tidak akan membantumu sedikit pun. Itulah mengapa kamu perlu mengkondisikan pikiranmu bahwa dia tidak akan kembali.

3. Pikirkan bahwa jika kamu ditakdirkan, dia akan kembali suatu hari nanti

Ini berbeda dengan bertahan, kamu membuka diri terhadap kemungkinan. Untuk memudahkanmu menerima bahwa dia telah pergi, percayalah bahwa suatu hari nantimu akan kembali bersama jika kalian berdua ditakdirkan untuk berakhir dengan satu sama lain. Serahkan segalanya pada takdir, itulah satu-satunya harapanmu, suka atau tidak suka, karena kamu sudah melakukan bagianmu dan tidak ada yang terjadi.

4. Lepaskan kenangan dan hal-hal yang mengingatkanmu padanya

Kita tahu ini sulit dilakukan, tetapi jika kamu serius ingin melupakan orang itu, kamu harus berani melepaskan segala sesuatu yang menghubungkanmu dengannyanya, termasuk kenangan. Berhentilah mengenang masa-masa indah bersama karena itu hanya akan sangat menyakitkan. Kembalikan barang-barangnya, lempar atau bakar barang-barang yang dia berikan kepadamukecuali menyimpannya tidak banyak mempengaruhimu.

5. Arahkan fokusmu ke area penting lain dalam hidupmu

Hidup tidak melulu tentang cinta dan asmara. Itu artinya kamu masih bisa hidup walaupun kamu tidak punya pacar. Alihkan perhatianmu ke bidang lain seperti pengembangan karier dan kepribadian. Lihatlah berapa banyak orang yang berorientasi pada karier mengesampingkan asmara sehingga mereka dapat fokus untuk menjadi sukses. Mungkin perspektif seperti ini cocok untukmu saat ini.

6. Nonaktifkan media sosial untuk sementara waktu

Salah satu godaan orang patah hati adalah stalking mantan. Akui saja, kamu tidak bisa menahan keinginan untuk memeriksa akun media sosial mantanmu karena kamu merindukannya. Kamu ingin tahu bagaimana keadaannya dan apakah dia juga menunjukkan rasa rindunya kepadamu. Lalu bagaimana caranya agar kamu bisa move on? Untuk menghindari hal ini, putuskan untuk hiatus online selama berbulan-bulan atau sampai saat itu kamu sudah bisa menahan godaan.

7. Berhenti berkomunikasi dengan keluarga atau teman-temannya

Kamu mungkin terus menghubungi kerabat atau teman mantanmu, berharap kontak tersebut dapat membantumu tetap dekat dengannya. Ini seperti meminta penguatan dari mereka untuk membantumu kembali bersama. Namun, jika mantanmu marah mengetahuinya, maka itu pertanda kamu harus berhenti.

Meski membutuhkan waktu untuk move on, tentunya kamu perlu melakukannya dengan perlahan, karena tidak ada hasil yang instan. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading