5 Tips Cepat Move On Setelah Diselingkuhi Pasangan

Gayuh Tri Pinjungwati03 Sep 2022, 18:15 WIB
Diperbarui 03 Sep 2022, 18:15 WIB
Single

Fimela.com, Jakarta Diselingkuhi adalah salah satu pengalaman paling menyakitkan dalam suatu hubungan. Ini juga merupakan penyebab umum perpisahan, karena ketika pasanganmu berselingkuh, dia tidak hanya menyakitimu sendiri. Mereka merusakmu sebagai pribadi, karena mereka menghilangkan semua kepercayaan dan rasa hormat yang kamu miliki untuk mereka dan hubungan yang kamu bagikan.

Tetapi, jika kamu ingin segera move on, berikut adalah cara untuk mengatasinya. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Biarkan dirimu beristirahat sejenak

Adalah umum untuk merasakan banyak emosi setelah putus dengan seseorang yang berselingkuh. Tetapi jika ada satu hal yang akan kamu rasakan pada akhirnya, itu akan melegakan. Kamu akan merasa lega karena kamu tidak lagi harus berurusan dengan seseorang yang berbohong kepadamu dan menerima cintamu begitu saja.

Tentu saja, begitu kamu mencapai fase ini, kamu juga akan merasa waspada dengan hubungan yang akan kamu jalani di masa depan. Kamu mungkin ingin berhenti di sana sejenak, dan membiarkan diri beristirahat sejenak. Ini karena kamu perlu menyembuhkan luka yang kamu alami selama hubungan yang tidak sehat ini, dan kamu tidak ingin membawa masalah itu ke orang berikutnya yang akan terlibat denganmu.

2. Jangan berbicara dengan mantan itu lagi

Cara lain untuk membantu move on adalah dengan tidak berhubungan dengan mantan yang selingkuh. Tidak ada alasan untuk berkomunikasi dengan seseorang yang menghancurkanmu menjadi berkeping-keping, karena jika dia benar-benar mencintaimu, mereka tidak akan melakukan hal seperti itu untuk menyakitimu seperti itu. Tentu, mereka mungkin memiliki alasan, seperti putus cinta atau bertemu seseorang yang baru, tetapi mereka setidaknya bisa memberimu rasa hormat yang pantas kamu dapatkan dengan putus secara resmi terlebih dahulu.

3. Berhenti menyalahkan diri sendiri atas hancurnya hubunganmu

single
Ilustrasi/copyrightshutterstock/uttana Jaowattana

Itu juga normal jika kamu menyalahkan diri sendiri atas berakhirnya hubunganmu. Kamu akan mulai berpikir bahwa kamu telah melakukan sesuatu yang salah, atau ada sesuatu yang hilang atau kurang dalam dirimu yang ditemukan pasanganmu pada orang lain, yang menyebabkan dia selingkuh. Tetapi meskipun kasusnya mungkin demikian, tidak pernah cukup alasan bagi mereka untuk berbohong atau mengkhianatimu, orang yang menjalin hubungan dengan mereka.

Jadi bagi kamu untuk move on, berhentilah menanggung semua kesalahan, terutama ketika kamu tidak melakukan kesalahan dengan sengaja untuk menyakiti pasanganmu. Bagaimanapun, itu adalah kerugian mereka, bukan milikmu.

4. Renungkan kesalahanmu sendiri, dan belajarlah darinya

Tidak ada hubungan yang sempurna, dan mungkin hubungan yang kamu miliki juga penuh dengan kekurangan yang membuat pasanganmu selingkuh. Ini akan menjadi latihan yang baik bagimu untuk melihat ke belakang dan merenungkan bagaimana hubunganmu sebelumnya. Coba cari masalah, kesalahan, dan perbedaan karakter, lihat mana yang disebabkan oleh dirimu. Mengidentifikasi titik lemah adalah penting karena ini adalah bagaimana kamu dapat mengatasinya dan meningkatkan kesejahteraanmu dalam prosesnya. Kamu harus belajar dari pengalaman, bahkan jika kamu tahu sendiri bahwa kamu tidak melakukan kesalahan yang mengakibatkan hubunganmu gagal.

5. Hindari membuat generalisasi

Hanya karena kamu telah diselingkuhi tidak berarti semua pasangan yang berhasil juga berselingkuh. Itu tidak terjadi kecuali kamu melibatkan diri dengan orang-orang yang sudah memiliki reputasi sebagai pembohong.

Sebaiknya kamu menyambut peluang saat mereka mengetuk pintu hatimu, dan jelajahi peluang ini untuk kamu pelajari. Berpegang pada generalisasi hanya menghalangi jalanmu untuk bertemu orang-orang yang tidak hanya bisa menjadi pasangan potensial tetapi juga pendamping seumur hidup.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela