5 Tanda Dirimu Kuat dan Bisa Melanjutkan Hidup setelah Patah Hati

Endah Wijayanti05 Sep 2022, 12:05 WIB
Diperbarui 05 Sep 2022, 12:19 WIB
perempuan dan mencari cinta

Fimela.com, Jakarta Berpisah dengan seseorang yang pernah dicintai memang menyakitkan. Mengakhiri hubungan dengan seseorang yang pernah begitu dekat juga tak mudah. Bahkan perjuangan untuk melanjutkan hidup pun bisa terasa lebih berat.

Meski perjuangan hidup ke depannya lebih berat, kamu bisa jadi kini sudah lebih kuat. Kamu masih punya harapan melanjutkan hidup lebih baik lagi tanpa dirinya. Ada versi dirimu yang lebih kuat setelah pulih dari patah hati.

 

1. Berdamai dengan Semua Kenangan

perempuan dan cinta pertama 1
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/JR-50

Pengalaman patah hati seringkali masih menyisakan kenangan. Namun, ketika dirimu sudah berdamai dengan kenangan, maka dirimu akan lebih kuat menjalani hidup ke depan. Mengutip buku Bagaimana Mengobati Patah Hati, meghindari hal-hal yang mengingatkan kita akan kehilangan bisa membuat kita kehilangan aspek-aspek penting kehidupan kita, tapi mempertahankannya kuat-kuat juga bisa sama bermasalahnya. Maka, saat kita sudah berdamai dengan kenangan yang ada, hidup akan terasa lebih ringan untuk dijalani.

2. Tidak Ada Niat Jahat dalam Hati

perempuan bahagia mencintai diri sendiri
ilustrasi ceria tertawa/theshots.co/Shutterstock

Kamu tak punya niat jahat untuk membuat hidup orang yang telah meninggalkanmu merana. Tidak ada niat sama sekali untuk membuat orang yang melukaimu menderita. Selama kamu tak menyimpan niat jahat di dalam hati, maka kamu bisa lebih tegar jalani hidup setelah dia. Hati dan jiwa akan tetap tegar selama masih bisa menghadirkan hal-hal baik di dalamnya.

 

 

3. Punya Rutinitas yang Bermakna

perempuan putus cinta move on tenang tersenyum kalem santai
ilustrasi memegang bunga/BongkarnGraphic/Shutterstock

Kamu masih bisa menjalani rutinitas dengan penuh semangat. Mulai dari soal rutinitas bekerja, menekuni hobi, hingga memelajari hal-hal baru, selama ada rutinitas menyenangkan dan bermakna yang bisa kamu jalani, maka kamu akan senantiasa diberi keteguhan hati. Merasakan hidup yang masih bermakna, kamu akan senantiasa bersemangat jalani hari.

 

4. Tertarik Mencoba Hal Baru

bahagia mencintai diri sendiri
ilustrasi perempuan mandiri dewasa/mentatdgt/Shutterstock

Masih ada ketertarikan mencoba hal baru menandakan hidupmu akan senantiasa berwarna. Setelah pulih dari patah hati dan menjalani lembaran baru, saat masih ada ketertarikan mencoba ragam hal baru maka kamu akan selalu punya kekuatan untuk melangkah ke depan. Meski kadang kembali sedih saat mengingat kejadian yang membuat patah hati, itu tak membuatmu terpuruk terlalu lama sebab masih ada banyak hal menyenangkan dan baru untuk dilakukan.

5. Bisa Tersenyum Bersama Orang-Orang Terkasih

santai tenang mencintai diri sendiri minum kopi
ilustrasi perempuan mandiri bahagia/Prostock-studio/Shutterstock

Melanjutkan hidup tanpa seseorang yang pernah dekat di hati memang butuh perjuangan sendiri. Namun, selama kamu masih bisa kembali tersenyum bersama orang-orang terkasih seperti teman, sahabat, dan keluarga yang lain, maka akan selalu ada hati yang kuat untuk menemanimu melangkah menuju hidup yang lebih baik.

Semoga patah hati yang pernah kamu alami bisa memberi pelajaran dan hikmah yang makin menguatkan hati, ya. Terima kasih sudah berjuang dan bertahan hingga sekarang.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela